Sukses

Survei: Gamer Masih Doyan Beli Gim Fisik Ketimbang Digital

Liputan6.com, California - Dulu, gamer hanya bisa bermain video gim di konsol dengan menggunakan cartridge atau CD. Kini seiring berkembangnya teknologi, bermain gim tak lagi harus menggunakan kopi fisik.

Dengan ketersediaan toko gim digital di masing-masing platform seperti PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One, gamer bisa membelinya langsung via download tanpa harus mendapatkan kopi fisik.

Cara menikmati video gim dengan kedua opsi yang disebutkan sebetulnya tergantung pada preferensi para pemainnya.

Kalau ingin membeli gim secara digital, berarti para gamer tak perlu lagi repot menata rak kaset gim di kamarnya atau takut kehilangan kopi fisik dari gim tersebut. Namun, tak sedikit pula yang masih berminat membeli gim secara fisik.

Dikutip dari laman Ubergizmo, pada Kamis (20/10/2016), ternyata penjualan gim fisik masih tetap laris manis ketimbang gim digital.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan MCVUK (The Market for Computer & Video Games), mayoritas gamer konsol seperti PS4 dan Xbox One masih memilih membeli gim fisik daripada harus mengunduh versi digital.

Dari data yang kamu bisa lihat di bawah ini, 77,1 persen gamer memilih membeli gim fisik. Setelah dipecah berdasarkan gender, lebih banyak gamer laki-laki yang suka membeli gim digital daripada gamer wanita.

Temuan itu terhitung menarik mengingat banyak perusahaan manufaktur komputer kini mulai "memusnahkan" drive optik di perangkat desktop dan laptop. Mau tak mau, cara ini secara tak langsung mengajak gamer untuk membeli gim secara digital.

Nah, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu termasuk tipe gamer yang lebih suka bermain gim secara digital atau lebih suka kopi fisik?

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Pengembang Satukan Gamer Pokemon Go
Artikel Selanjutnya
Nintendo 'Bunuh' Layanan Media Sosial Miiverse