Sukses

Asyiknya Belajar Huruf Hijaiyah dengan Augmented Reality

Liputan6.com, Bekasi - Belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah kini akan lebih seru dan mengasyikkan. Pasalnya, startup asal Bekasi, Jawa Barat 'Blastocode-Studio' baru saja merancang sebuah flashcards berbasis teknologi augmented reality (AR) untuk membantu anak-anak mengenal huruf-huruf hijaiyah dan angka dalam bahasa Arab.

Melalui kartu bernama Flashcards Arabic Letters & Numbers ini, anak-anak dapat belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah dan angka dalam bahasa arab dengan lebih seru dan menyenangkan.

“Kami melihat banyak peluang untuk memanfaatkan teknologi AR dalam dunia pendidikan. Alasan paling utama kenapa teknologi AR dapat mendukung dunia pendidikan adalah self-learning-capability atau kemampuan belajar mandiri,” ujar Widhi Muttaqien, Chief Executive Officer Blastocode-Studio kepada Tekno Liputan6.com melalui email, Kamis (20/10/2016).

Flashcards Arabic Letters & Numbers. Dok: Blastocode-Studio
Di sini, lanjut Widhi, sama sekali tidak untuk menghilangkan peran pengajar atau orangtua dalam dunia pendidikan, melainkan menyiapkan media-media pembelajaran yang bisa diakses oleh anak-anak secara mandiri.

Agar flashcards dapat digunakan, kamu cukup mengunduh aplikasi Flashcards Arabic AR secara gratis di Play Store untuk perangkat berbasis Android, maupun di App Store untuk perangkat iOS.

Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi tersebut, kamu dapat langsung menggunakan flashcards dengan mengarahkan kamera yang terbenam di perangkat gadget maupun smartphone ke kartunya (flashcards). Lalu, akan muncul animasi 3D dari kartu tersebut dengan berbagai fitur dan efek menarik. 

 Di dalam paket penjualannya, terdiri dari 28 kartu berisikan huruf hijaiyah dan 10 kartu berisikan angka dalam bahasa arab. Masing-masing kartu memiliki dua sisi dengan tampilan AR yang berbeda-beda. Blastocode-Studio menjual Flashcards Hijaiyah AR ini dengan harga Rp 75.000.

Selain membidik pasar domestik, Blastocode-Studio juga menyasar pasar internasional dengan menggandeng salah satu online store terbesar di dunia, Amazon serta membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi reseller di berbagai negara.

“Selain pasar domestik, kami ingin mengembangkan ke pasar internasional dengan cara menggandeng Amazon. Ke depannya, kami juga akan membuka jalur-jalur distributor resmi dan agen di berbagai negara. Kami menargetkan dapat menjual 100.000 unit dalam jangka waktu setahun,” kata Iman Muslim, Sales Director, Blastocode-Studio.

Teknologi AR sendiri terus berkembang dengan pesat. Sejak pertama kali diperkenalkan, teknologi ini sudah banyak digunakan di berbagai sektor, mulai dari militer, arsitektur, pendidikan, hingga video game.

(Isk/Cas)

Artikel Selanjutnya
Unik, Memasak dengan Teknik Origami yang Tak Biasa
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler