Sukses

Hands On: Menyelami Dunia Virtual Reality dengan PlayStation VR

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi dirilis pekan lalu, Tekno Liputan6.com akhirnya berkesempatan untuk menjajal kemampuan perangkat virtual reality milik Sony Interactive Entertainment (SIE) ini. 

Dari segi desain, PlayStation VR tak jauh berbeda dengan VR headset lain, seperti HTC Vibe dan Oculus Rift. Soal bobot, headset milik perusahaan Negeri Sakura ini lebih ringan dan nyaman saat digunakan ketimbang dua VR headset milik HTC dan Oculus.

Saat kami mencobanya, PlayStation VR cukup nyaman digunakan sekali pun kami sedang menggunakan kacamata.
PlayStation VR. Liputan6.com/Yuslianson
Proses pemakaian headset pun tergolong cukup mudah, hanya perlu tarik bagian belakang headset, pasang ke kepala, dan sesuaikan jauh dekatnya layar VR dengan mata.

Bicara tentang tampilan gambar VR, kamu akan disajikan tampilan berupa layar OLED 5,7 inci dengan resolusi 1920xRGBx1080 (960xRGBx1080 per mata). 

Agar tak membuat mata cepat lelah dan terganggu, PlayStation VR memiliki refresh rate 120Hz. Tak hanya itu, di dalam PlayStation VR pun sudah terpasang teknologi sensor accelerometer dan gyroscope.

Masuk ke dalam pengalaman bermain gim, kami disediakan lima gim yang terdiri dari PlayStation VR World, DriveClub VR, Batman Arkham VR, Rigs Mechanical Combat League, dan Resident Evil VII (demo).

Seperti konten-konten VR yang sudah ada saat ini, kami sempat mengalami motion sickness saat mencoba gim yang disajikan. Terlebih saat mencoba DriveClub.

Gim lain yang menarik minat kami adalah Resident Evil VII. Tampilan grafis dan suara yang mencekam memang membuat jantung kami berdegup cepat.

Secara keseluruhan, pengalaman bermain PlayStation VR, cukup memuaskan. Hanya saja, tekstur grafis di dalam gim masih terasa cukup kasar.

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli PlayStation VR, saat ini perangkat tersebut sudah tersedia di Sony Centre (Grand Indonesia) dan GS Shop.
PlayStation VR. Liputan6.com/Yuslianson
Sony menyediakan dua pilihan paket PlayStation VR yakni hanya headset PlayStation VR dan paket PlayStation VR lengkap dengan PlayStation Camera. 

Untuk headset-nya saja, Sony mematok harga Rp 6,4 juta, sedangkan headset VR lengkap dengan kameranya dibanderol sekitar Rp 7 juta.

(Ysl/Isk)