Sukses

Pemuda Indonesia Garap Prototipe Drone Tanpa Baling-Baling

Pemuda Indonesia berusia 18 tahun menciptakan prototipe drone tanpa baling-baling.

Liputan6.com, Jakarta - Pemuda Indonesia berusia 18 tahun menciptakan prototipe drone tanpa baling-baling. Rasanya terdengar mustahil bahwa sebuah drone tidak memiliki baling-baling. Tapi faktanya, pemuda bernama Muhammad Rizqy Fauzan berhasil menciptakan prototipenya.

Fauzan, demikian ia akrab disapa, termotivasi untuk membuat drone tanpa baling-baling ketika drone miliknya rusak, utamanya di komponen baling-baling. Bahkan, menurut Fauzan, ada potensi bahaya di balik putaran baling-baling drone yang sangat cepat.

"Hmmm, kalau ditanya punya latar belakang pengetahuan teknik atau tidak, bisa dibilang mungkin, karena saya mendapatkannya di bangku sekolah. Saya lulus dari STM Pembangunan Jakarta (SMK Negeri 26 Jakarta), jurusan listrik. Itulah latar belakang pengetahuan teknik yang saya punya," ujar Fauzan, sebagaimana dikutip dari The Daily Oktagon.

Sayangnya, pemuda yang mengidolakan BJ Habibie tersebut belum bisa menceritakan cara kerja prototipe drone miliknya. 

"Drone ini sedang dalam proses pendaftaran paten. Tapi secara umum, drone ini memanfaatkan teknik air pressure (tekanan udara) untuk memancing udara di atas drone supaya mengalir ke bawah melalui frame (rangka) yang dirancang secara khusus," tutur Fauzan.
Prototipe Drone Tanpa Baling-Baling Karya M Rizqy Fauzan. Kredit: The Daily Oktagon
Pemuda yang mendapat beasiswa dari Universitas Borobudur ini mengatakan, prototipe drone miliknya pernah diikutsertakan di Google Science Fair 2016 dan Habibie Festival 2016.

Bicara soal target, Fauzan mengaku tak mau tergesa-gesa dalam merampungkan proyek ini. "(Saya mau) secepatnya, tapi saya belum bisa memastikan kapan tepatnya. Saya mencoba bersabar dan tidak mau terburu-buru dalam menggarap project ini, agar hasilnya maksimal," kata Fauzan.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini