Sukses

5 Cara Mudah untuk Amankan iPhone

Liputan6.com, Jakarta - Seberapa penting sih data yang kamu miliki di iPhone? Entah saat sedang kamu gunakan, terletak di atas meja, atau diisi daya baterainya, data di iPhone kamu berpotensi diketahui oleh seseorang.

Untuk menghindari data ataupun informasi penting di iPhone kamu bocor dan dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab, ada baiknya kamu menerapkan langkah-langkah tertentu. 

Berikut ini lima langkah mudah untuk mengamankan iPhone kamu yang tim Tekno Liputan6.com sajikan khusus.

1. Jangan tertipu jaringan Wi-Fi Gratis

Bagi pengguna smartphone, konsumsi kuota internet sangat penting. Karena itu, wajar jika beberapa pengguna sangat mengandalkan koneksi gratisan yang tersedia di beberapa tempat ramai dan umum seperti mal hingga kafe.

Melihat hal tersebut, tak mengherankan bila banyak peretas memanfaatkan pengguna yang lalai. Cukup dengan membuat titik Wi-Fi tipuan, peretas dapat dengan mudah mendapatkan informasi pengguna tersebut.

Untuk menghindari hal ini, kamu bisa buka menu Settings > Wi-Fi. Gulir layar ke atas untuk menemukan pilihan Ask to Join Networks, geser tombol untuk mengaktifkannya. Setelah aktif, kamu akan mendapatkan notifikasi setiap kali iPhone mendeteksi jaringan Wi-Fi tak dikenali.

1 dari 3 halaman

Kunci kartu SIM

2. Buat kata kunci alfanumerik sulit

Pengguna iPhone pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur ini. Jika penggunaan enam digit angka dirasa kurang aman, kamu bisa menggunakan kombinasi angka dan huruf alias alfanumerik untuk mengamankan isi iPhone kamu.

Fitur ini kamu bisa temukan di "Touch ID & Passcode" di menu Settings. Pilih "Change passcode" dan kamu akan diminta untuk memasukkan kata kunci lama. Pilih "Passcode Option" dan pilih format kata kunci yang ingin kamu gunakan.

3. Kunci kartu SIM

Masih merasa kurang aman dengan cara kedua? Kalau ya, kamu bisa mengunci kartu SIM kamu. Dengan mengaktifkan fitur ini, slot kartu SIM kamu akan terkunci dan tak bisa digunakan oleh selain kartu SIM milik kamu.

Fitur ini bisa kamu akses di menu Settings > Phone > SIM PIN, geser tombol untuk mengaktifkan SIM PIN.

2 dari 3 halaman

Safari hingga hapus data otomatis

4. Berselancar di Safari dengan lebih aman

Selain membuka aplikasi media sosial, pesan instan, dan bermain gim, banyak pengguna iPhone menghabiskan waktunya dengan menjelajah dunia maya. Dengan browser bawaan iPhone bernama Safari, kini kamu dapat menjelajah internet lebih aman. 

Ada baiknya kamu mematikan fitur "Autofiil" agar tidak menyimpan password penting di ponsel. Menonaktifkan cookies juga merupakan pilihan tepat untuk membuat iPhone kamu lebih aman lagi.

5. Aktifkan Fitur "Erase Data"

Salah satu fitur pengaman di iPhone yang patut kamu gunakan adalah Erase Data. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur agar data yang ada di dalam ponsel akan terhapus secara otomatis saat seseorang salah memasukkan kata kunci sebanyak sepuluh kali.

Untuk menggunakan fitur ini, buka menu "Settings > Touch ID & Passcode". Gulir layar ke atas untuk menemukan menu "Erase Data" dan geser tombol untuk menyalakannya.

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bikin Suara Speaker iPhone Makin Jernih
Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Trik Traveling yang Brilian Ini Patut Dicoba