Sukses

4 Tips Memilih Launcher untuk Percantik Tampilan Ponsel Android

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pengguna smartphone Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan ragam aplikasi launcher yang ada di Google Play Store.

Lewat aplikasi ini, pengguna dapat mengubah total tampilan smartphone Android mulai dari jenis huruf, tatanan menu, hingga tampilan wallpaper dan ikon.

Namun dari sekian banyak aplikasi launcher yang ada di Google Play Store saat ini, launcher mana yang patut kamu miliki dan unduh ke dalam smartphone Android kamu?

Agar memudahkan kamu memilih launcher mana saja, berikut adalah tips yang tim Tekno Liputan6.com sajikan untuk jadi bahan pertimbangan kamu.

1. Ukuran file

Pengguna Android terkenal suka mengunduh banyak aplikasi ke dalam smartphone-nya, padahal beberapa aplikasi yang diunduh jarang digunakan.

Agar tidak memenuhi memori di dalam ponsel, ada baiknya untuk memilih launcher dengan ukuran file paling kecil. Ukuran file yang kecil pun membuat launcher lebih ringan ketika dioperasikan.

2. Fitur lengkap

Tak puas dengan fitur bawaan smartphone Android kamu? Jika ya, maka sebuah pilihan yang bijak untuk memiliki launcher yang dibekali fitur dan aplikasi tambahan.

Fitur yang biasanya ada seperti application lock, RAM booster, Battery Saver, dan Clean Memory dapat menjadi pertimbangan.

1 dari 2 halaman

Tema dan hemat RAM

3. Tema dan Kostumisasi

Salah satu alasan menggunakan launcher adalah untuk merubah tampilan ponsel android. Karena itu, memilih launcher yang menyediakan pilihan tema merupakan salah satu pertimbangan kamu. Selain itu, kemudahan untuk mengutak-atik tema juga menjadi nilai plus tersendiri.

4. Hemat RAM

Agak sebal juga saat menggunakan launcher dengan fitur lengkap, kemudahan kustomisasi tema, tapi malah bebankan RAM.

Terlebih lagi jika smartphone Android kamu memiliki kapasitas RAM yang terbatas. Karena itu memperhatikan konsumsi RAM juga penting ya.

(Msu/Ysl)

Artikel Selanjutnya
3 Tips Mudah Meningkatkan Kinerja RAM pada Android
Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi Backup Data Terbaik untuk Android