Sukses

Nintendo Switch Ternyata Gunakan Hardware Milik Nvidia

Beberapa bulan lalu sebuah kabar beredar yang mengatakan kalau Nintendo Switch, akan ditenagai oleh hardware Nvidia.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu sebuah kabar mengatakan Nintendo NX, yang ternyata bernama Nintendo Switch, akan menggunakan hardware besutan Nvidia.

Terbukti, Nvidia mengonfirmasi hal tersebut melalui keterangan di blog resmi mereka. Diungkapkan, konsol terbaru milik Nintendo memang menggunakan prosesor Tegra. Demikian dikutip dari laman resmi Nvidia, Jumat (21/10/2016).

Prosesor Tegra bukanlah "barang asing" di perangkat teknologi. Prosesor anyar milik Nvidia itu digunakan di beberapa seri smartphone dan Nvidia Shield.

Apa yang Nintendo lakukan dengan Switch merupakan sebuah pemikiran out of the box bagi sebuah konsol; Nintendo menyertakan dua buah kontroler yang bisa dibongkar pasang dan perangkat mirip tablet yang digunakan untuk bermain gim (game) di mana pun dan kapan pun.

"Butuh banyak orang dan usaha keras untuk menciptakan sebuah platform gim baru, mulai dari menciptakan algoritma, arsitektur komputer, mendesain sistem, software, API, game engines, dan periferalnya," kata Nvidia.

Tak hanya itu API (application program interface) yang digunakan untuk Nintendo Switch diberi nama NVN. Dengan API ini, Nintendo Switch diharapkan memberikan pengalaman bermain gim lebih ringan dan cepat.

Yang jadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana Nintendo mengatasi masalah panas dan performanya? Untuk menjawabnya, kita harus masih bersabar untuk Nintendo Switch dijadwalkan akan dirilis secara global pada Maret 2017.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini