Sukses

Amazon Jual Aksesori iPhone Palsu, Apple Ajukan Gugatan Hukum

Liputan6.com, Cupertino - Apple kembali dirundung masalah. Banyak aksesori iPhone yang dijual di Amazon ternyata palsu.

Bahkan, jumlah aksesori palsu tersebut diklaim mencapai sekitar 90 persen. Terkait hal ini, Apple telah mengajukan gugatan hukum kepada raksasa eCommerce tersebut pada pekan ini.

Seperti dikutip dari Telegraph pada Minggu (23/10/2016), aksesori palsu berupa adapter, kabel, dan beberapa "perintilan" lainnya ini dibuat oleh perusahaan Mobile Star LLC dan 50 perusahaan produsen perangkat palsu lainnya.

Apple beralasan, aksesori palsu yang dijual dapat menimbulkan risiko cukup berbahaya, seperti dapat memanas, korsleting, hingga terbakar. Apple mengklaim telah menguji kelayakan aksesori tersebut dan menemukan sejumlah masalah di sirkuit bervoltase rendah dan tinggi.

Di Amazon, aksesori iPhone palsu tersebut dijual dengan gambar dari situs resmi Apple. Hal ini juga membuat Apple "geram" karena dapat mempersulit konsumen dan membuat mereka tidak dapat membedakan mana aksesori asli dan mana aksesori palsu.

Hingga berita ini diturunkan, Apple belum buka suara. Mereka hanya mengeluarkan pernyataan akan berupaya untuk "melawan" pendistribusian dan penjualan aksesori dan produk Apple palsu.

Apple juga mengimbau penggunanya agar tidak membeli aksesori di Amazon. Apple menyarankan pengguna membeli produk atau aksesori orisinal di situs resmi dan toko ritel offline Apple.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini