Sukses

Nintendo Pastikan Pakai Kartrid untuk Gim di Switch

Perusahaan asal Jepang itu memastikan format kartrid akan digunakan untuk judul gim di Nintendo Switch

Liputan6.com, Tokyo - Nintendo baru saja memperkenalkan salah satu konsol besutannya yang sudah lama dinantikan. Konsol bernama Nintendo Switch itu menarik perhatian penggila gim karena hadir dengan konsep terbilang baru.

Salah satu komponen lain yang cukup menyita perhatian adalah penggunaan kartrid untuk Nintendo Switch. Perusahaan asal Jepang itu juga sudah mengonfirmasi hal tersebut.

Dikutip dari laman Polygon, Jumat (21/10/2016), kartrid yang diberi nama Game Cards ini akan dimasukkan di bagian atas konsol. Kepastian ini sekaligus menjawab isu yang berkembang sebelumnya bahwa Nintendo tak akan menggunakan compact disc (CD) untuk judul gim.


Pun demikian, kartrid yang digunakan tak memiliki ukuran yang sama dengan dengan kartrid N64. Meskipun belum dapat dipastikan kapasitasnya, kartrid di Nintendo Switch jelas memiliki ukuran jauh lebih kecil.

Nintendo memang sudah tak asing dengan penggunaan kartrid. 3DS, Super Nintendo, dan N64 adalah beberapa perangkat besutan perusahaan tersebut yang memakai kartrid sebagai format untuk permainannya.

Sebagai informasi, Nintendo Switch mengusung konsep hybrid platform antara sistem portable gaming dengan konsol rumahan. Jadi, pengguna dapat memainkan konsol ini dengan pengalaman berbeda.

Saat di rumah, pemain dapat menggunakan kontroler gamepad biasanya untuk bermain gim di Nintendo Switch. Namun, ketika dibawa bepergian, konsol ini bisa dilepas menjadi perangkat mirip tablet dan memasang kontroler tambahan di samping kanan dan kiri perangkat itu.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini