Sukses

Teknologi 4,5G dari XL Resmi Merambah Banten

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata terus kembali menghadirkan inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan data dan internet. Setelah sebelumnya diperkenalkan di Jakarta, jaringan XL 4G LTE yang mengadopsi teknologi 4,5G - 4T4R 4x4 MiMO akhirnya merambah Banten.

Kehadiran teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan dan memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan saat menggunakan layanan data. Penggunaan teknologi 4,5G - 4T4R ini membuat Banten menjadi salah satu provinsi yang terjangkau jaringan XL 4G LTE dengan kualitas terbaik.

"Kami berharap masyarakat Banten yang belum menggunakan layanan 4G dapat segera beralih dan memanfaatkan kesempatan yang telah kami berikan secara maksimal untuk menggunakan layanan XL 4G LTE,” tutur Bambang Parikesit, Vice President Region XL Jabodetabek melalui keterangan resmi yang diterima tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (22/10/2016).

Hal senada juga dituturkan oleh Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono yang menyebut penggunaan teknologi 4,5G-4T4R 4x4 MIMO dapat memaksimalkan kinerja layanan 4G LTE. 

Melalui teknologi ini, kecepatan akses internet juga bisa ditingkatkan hingga hampir 2 kali lipat, dan koneksi juga jauh lebih stabil walau sedang di dalam ruangan.

Tak hanya itu, XL juga telah memasang perangkat BTS 4G yang cukup memadai agar jangkauan jaringan XL 4G LTE lebih merata. Sampai saat ini, telah terpasang sekitar 600 BTS yang tersebar di Kabupaten dan Kota, seperti Serang, Cilegon, Lebak, Pandeglang, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Sinyal XL 4G LTE juga telah menjangkau wilayah pelosok, seperti Cibeber, Citangkil, Ciwandan, Grogol, Jombang, Purwakarta, Cipocok Jaya, Kaseman, Taktakan, Walantaka, Anyer, Bojonegara, Cikande, Cinangka, Ciruas, Kibin, Kragilan, Kramatwatu, Pulo Ampel dan Waringinkurung.

Banten sendiri merupakan salah satu wilayah yang menjadi prioritas dalam pengembangan jaringan 4G dari XL. Perusahaan itu menargetkan ada sekitar 1.000 BTS 4G akan terpasang di propinsi Banten hingga akhir tahun 2016. Jumlah itu juga akan terus bertambah di tahun depan.

Sebagai informasi, 4T4R merupakan teknologi untuk meningkatkan kecepatan akses data dan kestabilan layanan XL 4G LTE, yakni dengan menggunakan teknologi kombinasi multi signal. Kombinasi multi signal merupakan kombinasi 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive.

Secara teoritis, teknologi ini mampu memancarkan data dengan kombinasi 4 sinyal sekaligus dan menerima data dari kombinasi 4 sinyal tersebut. Oleh karena itu, dibandingkan teknologi sebelumnya (2T2R) kecepatan akses internet 4G bisa meningkat 2 kali lebih cepat.

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
STI Pastikan Layanan Net1 Siap Hadir di Bali
Artikel Selanjutnya
Hadapi Generasi Milenial, Ada Cara Spesial yang Toyota Kerjakan