Sukses

Tak Ingin Ponsel Kamu Meledak? 5 Tips Ini Patut Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini banyak kabar tentang smartphone berasap, terbakar, hingga meledak yang melukai pemiliknya. Banyak yang menduga hal tersebut terjadi karena peningkatan fitur, kapasitas baterai yang lebih besar, hingga teknologi pengisian daya lebih cepat.

Pengguna terkadang mendapati smartphone-nya mengalami overheating alias kepanasan saat melakukan berbagai kegiatan. Hal ini sering terjadi saat mengisi daya ponsel, memutar video berkualitas 4K, atau saat sedang membuka aplikasi berat.

Nah, untuk menghindari overheating yang berpotensi membuat smartphone meledak dan terbakar, berikut beberapa tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari Economic Times, Sabtu (22/10/2016). Apa saja?

1. Lepaskan Casing Smartphone
Kebiasaan menggunakan smartphone di dalam casing ternyata bisa membuat hawa panas terjebak di perangkat. Nah, dengan membuka casing,hawa panas yang ditimbulkan dari proses kerja pun akan mudah keluar dari smartphone dan mengurangi potensi overheating.

2. Jangan Taruh Smartphone di Atas Kasur Saat Mengisi Daya
Penting untuk diingat, saat kamu sedang mengisi daya smartphone, jangan pernah menaruhnya di atas kasur atau sofa. Rupanya benda-benda dengan permukaan halus dan empuk bisa menyerap panas. Untuk itu, selama pengisian daya pastikan smartphone di tempatkan di alas yang keras, misalnya lantai.

3. Dilarang Mengisi Daya Smartphone Semalaman
Sebagian besar pengguna smartphone memiliki kebiasaan buruk, yakni mengisi daya semalaman. Selain merusak efisiensi baterai dalam jangka panjang, mengisi daya semalaman juga bisa membuat perangkat overheating hingga potensi terbakar atau meledak.

1 dari 2 halaman

Hindari Paparan Matahari

Pastikan untuk mengisi daya dengan charger dan sumber listrik yang tepat (Sumber: Android Pit)4. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung
Sebaiknya, hindarkan smartphone kamu dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini ternyata bisa membuat bodi smartphone panas.. Terlebih, jika paparan panas sinar matahari disertai dengan jumlah aplikasi yang beroperasi di background akan meningkatkan hawa panas pada smartphone.

5. Jangan Gunakan Baterai dan Charger Pihak Ketiga
Beberapa aksesoris seperti baterai dan charger dari pihak ketiga rupanya jadi penyebab smartphone mengalami overheating. Hal ini dikarenakan daya yang ada pada charger pihak ketiga berbeda dengan daya pada charger bawaan.


(Tin/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Hari Gini Masih Malu-Malu? Ikuti 5 Tips Biar Supel dan Gaul
Artikel Selanjutnya
Gadget Canggih Bikin Lari Pagi Makin Semangat, Kok Bisa?