Sukses

Jelajah Internet Lebih Hemat Dengan 3 Cara Mudah Ini

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, internet dan PC merupakan dua hal yang sudah tidak bisa dilepaskan. Apalagi untuk kegiatan sehari-hari. Berada di depan PC, akan terasa kurang lengkap bila tidak terhubung langsung ke internet dan menjelajah luasnya dunia internet.

Dengan semakin pesatnya berkembangnya pasar smartphone di dunia, PC dan laptop pun masih memiliki fungsi yang masih sulit dilakukan di smartphone, seperti untuk mengedit gambar atau foto, mengedit video, bermain gim, dan sebagainya.

Belum lagi, banyak pengguna masih senang menggunakan PC atau laptop untuk berinteraksi dengan internet karena alasan kenyamanan, dan tentunya ukuran layar yang besar.

Tapi sayangnya, terlalu asyik berselancar di internet melalui PC atau laptop pun akan membuat paket kuota Mi-Fi kamu cepat ludes. 

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menghemat kuota Mi-Fi kamu? Berikut adalah tiga cara mudah yang tim Tekno Liputan6.com sajikan untuk membantu kamu menghemat kuota internet.

1. Sembunyikan Gambar
Alasan mengapa PC atau laptop lebih banyak memakan kuota internet adalah ukuran layar yang jauh lebih besar. Karena itu, berbagai gambar atau kontent di laman situs pun ditampilkan dengan ukuran yang lebih besar pula.

Untuk mengatasi hal ini, buka browser Google Chrome kamu dan buka halaman Settings > Show advanced settings > Privacy. Disini kamu akan menemukan tombol Content settings, tekan tombol tersebut.

Di dalam menu Content settings, kamu akan temukan Images, pilih dan aktifkan 'Do not show any images'.

1 dari 2 halaman

Gunakan User Agent dan Pillh Browser

2. User Agent
Tak ingin kehilangan pengalaman terbaik berselancar di internet karena harus membatasi kuota data? Salah satu cara untuk mengakali hal tersebut adalah dengan menggunakan user agent atau pop-in sebagai ekstensi tambahan di browser.

Setiap user agent atau pop-in ekstension memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, namun semuanya dapat digunkan untuk mengurangi beban bandwidth yang diambil oleh situs web.

3. Browser
Pemilihan browser untuk menjelajah internet ternyata juga berpengaruh dari banyaknya kuota internet yang digunakan.

Terbukti browser seperti Opera dan Mozila Firefox menggunakan bandwidth yang lebih kecil dibandingkan Safari, atau Google Chrome. 

Nah, itulah tiga cara sederhana untuk menghemat kuota internet Mi-Fi yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

(Msu/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Tips Tetap Eksis di Media Sosial Sekaligus Hemat Kuota
Artikel Selanjutnya
Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android