Sukses

iOS Ternyata Punya Keyboard Rahasia

Liputan6.com, California - Siapa sangka ternyata iOS memiliki fitur rahasia di keyboard-nya yang baru terungkap belum lama ini. Fitur itu mampu menampilkan keyboard iOS yang dapat dioperasikan cukup dengan satu tangan saja.

Desain keyboard ini tentu sangat membantu pengguna yang memiliki perangkat iOS berlayar besar. Sebab, dengan menggeser keyboard menjadi rata kanan atau kiri, aktivitas mengetik akan lebih mudah. Belum lagi ada tambahan tombol cut, copy, dan paste. 

Sayangnya, fitur baru itu belum bisa digunakan hingga saat ini karena belum resmi digulirkan. Jadi, perlu upaya khusus untuk bisa menampilkan fitur tersebut. 

Menurut salah satu pengembang Apple Steve Troughton-Smith yang menemukan keberadaan fitur tersebut, kemampuan keyboard itu baru bisa muncul setelah iOS sedikit diutak-atik melalui iOS Simulator.


Begini tampilan keyboard iOS yang dapat dioperasikan satu tangan (sumber: techcrunch.com)
iOS Simulator merupakan software besutan Apple yang dapat dijalankan untuk menyimulasikan iOS di Mac sebagai bagian dari pengembangan aplikasi. 

Temuan lain yang cukup mengagetkan adalah fitur ini ternyata sudah dibenamkan Apple sejak kehadian iOS 8. Namun dikutip dari laman Tech Crunch, Senin (24/10/2016), fitur tersebut sampai saat ini tak pernah dirilis untuk publik.

Kemungkinan awalnya, fitur itu disisipkan sebagai solusi untuk iPhone 6 yang ketika itu meluncur dengan layar lebih besar ketimbang iPhone generasi sebelunya. Hanya, belum diketahui mengapa Apple tak jadi meluncurkannya.

Salah satu perkiraan menyebutkan Apple sudah memiliki solusi lain untuk membantu navigasi di iPhone 6. Fitur tersebut adalah Reachability, yakni kemampuan membuat tampilan layar turun dengan mengetuk tombol Home dua kali.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.