Sukses

Kenapa Google Pixel Tak Punya Fitur Antiair?

Ini alasan Google tak menyertakan fitur antiair di smartphone terbarunya, Pixel dan Pixel XL.

Liputan6.com, California - Google Pixel merupakan salah satu smartphone premium yang rilis di tahun ini. Mulai dari desain dan spesifikasi yang diusung, syarat smartphone berkualitas tinggi ada padanya.

Namun ternyata tak seluruh fitur di smartphone premium terkini disematkan Google. Pixel belum memiliki fitur antiair yang sebenarnya sudah dihadirkan pabrikan lain di produk smartphone-nya, seperti Apple dengan iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7.

Lantas, apa alasan Google tak membenamkan fitur antiair dan memilih fitur anti-cipratan? Ternyata, waktu pengembangan yang begitu sempit menjadi alasan raksasa mesin pencari itu tak menyertakan fitur tahan air di kedua seri Pixel.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh David Pierce dari Wired, Google sebenarnya telah menyiapkan fitur itu sejak lama. Namun, menjelang akhir 2015, tim pengembang menghadapi masalah dan terpaksa mengulang semua prosesnya dari awal.

Sementara jadwal peluncuran Pixel sendiri harus sesuai jadwal, yakni Oktober 2016. Jadi, hanya ada waktu sembilan bulan untuk pengembangan smartphone tersebut. Karena itu, Google memilih untuk menghilangkan fitur tersebut dan menggantikannya dengan fitur anti-cipratan air.

Mengutip informasi dari Pocket Now, Selasa (25/10/2016), beberapa analis menyebut hal yang membuat Google mengulang seluruh proyek smartphone-nya pada akhir 2015 adalah penjualan Nexus yang tak sesuai harapan.

Jadi, kemungkinan fitur antiair tersebut akan disematkan pada ponsel seri Nexus untuk 2016. Namun dengan penjualan seri ponsel tersebut yang tak begitu baik di 2015, Google mengubah strategi dan memilih menggantinya dengan seri Pixel mulai tahun ini.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.