Sukses

5 Cara Mengatasi Aplikasi Android Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi merupakan salah satu faktor yang membuat pengalaman menggunakan smartphone Android lebih baik. Saat ini beragam aplikasi telah lekat dengan kehidupan pengguna smartphone.

Namun terkadang tak seluruh aplikasi dapat berjalan mulus. Salah satu notifikasi yang paling sering terlihat ketika aplikasi bermasalah adalah tulisan 'Unfortunately, (App) has Stopped Error'. Ini jelas merupakan peristiwa paling menyebalkan bagi pengguna smartphone Android. Terlebih, bila aplikasi yang bermasalah adalah aplikasi penting dan kerap digunakan.

Karena itu, kami merangkum cara mudah untuk mengatasi masalah di aplikasi yang ada di Android. Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Selasa (26/10/2016), simak penjelasannya berikut ini.

1. Clear cache dan coba lagi

Cache merupakan lokasi penyimpanan data dari aplikasi yang sering diakses pengguna. Melalui cache, data aplikasi dapat diakses lebih cepat.

Karena itu, apabila ada masalah dengan aplikasi, membersihkan cache dapat menjadi solusi awal. Terlebih, kapasitas cache memang cukup terbatas.

Untuk melakukannya, buka 'Settings' dan pilih 'Apps'. Lalu cari aplikasi yang bermasalah dan buka 'Storage'. Setelah terbuka, ketuk 'Clear Cache' untuk membersihkan cache.

1 dari 3 halaman

5 Cara untuk Mengatasi Aplikasi Bermasalah

2. Setel ulang aplikasi

Apabila menghapus cache tak berhasil, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menyetel ulang aplikasi. Namun perlu diingat, jika cara ini dipilih, seluruh informasi di aplikasi akan hilang. Untuk itu, pastikan data aplikasi sudah dicadangkan.

Cara menyetel ulang aplikasi adalah dengan membuka 'Settings' dan Apps'. Pilih aplikasi yang bermasalah, setelah terbuka, ketuk 'Clear Data'.

3. Pasang ulang atau perbarui aplikasi

Jika kedua cara di atas masih belum membuahkan hasil, kamu dapat memasang ulang aplikasi tersebut. Caranya sama seperti menghapus aplikasi, kemudian memasang (install) kembali aplikasi itu.

Namun pastikan juga apakah ada pembaruan untuk aplikasi tersebut. Apabila tersedia, tak ada salahnya untuk memperbarui aplikasi dan melihat kinerjanya setelah itu.

2 dari 3 halaman

5 Cara untuk Mengatasi Aplikasi Bermasalah

4. Pasang versi lawas dari aplikasi

Terkadang, memperbarui aplikasi tak selalu memperbaiki masalah di aplikasi. Untuk itu, coba pasang versi lawas dari aplikasi tersebut di smartphone kamu.

Kamu dapat memasang versi lawas dari aplikasi yang biasanya tersedia dari pihak ketiga dalam format .APK. Namun patut dipertimbangkan, sebaiknya kamu mengunduh file APK dari situs tepercaya.

5. Lakukan factory reset

Cara terakhir untuk mengatasi aplikasi bermasalah adalah melakukan pengaturan ulang smartphone alias membuatnya sama seperti ketika pertama kali dibeli. Mengingat langkah ini akan membuat seluruh data di smartphone hilang, pastikan sebelum melakukannya data-data penting dicadangkan lebih dulu. 

Cara melakukannya, buka 'Settings' dan pilih 'Backup & Reset'. Kemudian pillih 'Factory Reset' untuk membuat smartphone kamu kembali ke kondisi awal bawaan pabrik. Setelah itu, baru install kembali aplikasi yang kamu inginkan.

(Dam/Why)