Sukses

Hands-on: Luna, Android Buatan Foxconn Rasa iPhone

Kesan pertama melihat Luna, dari segi fisik sangat mirip dengan iPhone 6.

Liputan6.com, Jakarta - Manufaktur kenamaan asal Taiwan, Foxconn, yang dikenal sebagai perakit iPhone dipastikan akan memasarkan produk smartphone buatannya sendiri bernama Luna di Tanah Air pada awal November 2016.

Informasi ini datang dari undangan yang Tekno Liputan6.com terima melalui email baru-baru ini. Dalam undangan itu tertulis bahwa peluncuran Luna akan digelar pada 7 November 2016 di sebuah hotel di bilangan Kuningan, Jakarta.

 "Foxconn, pabrikan smartphone yang berkantor pusat di Taiwan, secara resmi akan merilis smartphone Luna di Indonesia," demikian isi dari undangan tersebut.

Kamis (27/10/2016) di Jakarta, Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal smartphone berbasis Android 6.0 Marshmallow ini. Kesan pertama melihatnya, dari segi fisik sangat mirip dengan iPhone 6.

Tampak depan, yang membedakan hanya ukuran layar dan terdapat tombol Home di iPhone. Untuk ukuran layar, sebenarnya lebih cocok dibandingkan dengan iPhone 6 Plus karena sama-sama memiliki layar 5,5 inci.
Luna dan iPhone 6 tampak depan. Liputan6.com/Iskandar
Sementara mengenai dimensi bodi, tak jauh berbeda dengan iPhone 6 Plus (158,1 x 77,8 x 7,1mm), di mana Luna memiliki dimensi 157,6 x 77,1 x 7,38mm.

Sementara iPhone 6 memiliki dimensi 138.1 x 67 x 6.9 mm. Sedikit lebih tebal dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.
Luna dan iPhone 6 tampak samping. Liputan6.com/Iskandar
Perbedaan lainnya adalah Luna menyematkan tombol volume dan power di sebelah kiri bodi serta slot SIM card dan microSD di kanan bodi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbandingan lainnya

Sedangkan iPhone 6 membenamkan tombol volume dan tombol silent di kiri bodi serta tombol power dan slot SIM card di kanan bodi.

Di bagian bawah bodi Luna terdapat dua grill speaker dan port mini USB. Sementara pada iPhone 6 ditemukan port Lightning, grill speaker, dan lubang audio jack 3,5mm. Luna menempatkan lubang audio jack 3,5mm di bagian atas bodi.
Bagian bawah bodi Luna dan iPhone 6. Liputan6.com/Iskandar
Beralih ke bagian belakang bodi, Luna membenamkan lensa kamera 13 megapiksel (MP) dengan dual flash LED serta NFC chip untuk transfer data dan transaksi pembayaran non-tunai. Sementara iPhone 6 hanya terdapat lensa kamera 8MP dengan LED flash tunggal.
Luna dan iPhone 6 tampak belakang. Liputan6.com/Iskandar
Menyoal spesifikasi, Luna dilengkapi layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel. Untuk mendongkrang kinerja, smartphone berdesain elegan ini diperkuat prosesor Quad-Core 2.5 GHz dari Qualcomm Snapdragon, RAM 3GB, dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi hingga 128GB melalui kartu microSD.

Untuk konektivitas, selain NFC, Luna mengadopsi 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0, GPS, jack audio 3,5mm.

Ditambah Accelerometer, Light Sensor, Orientation Sensor, Gyrososcope, Magnetic Sensor, 3D Gravity, Promixity, dan E-compass.

3 dari 3 halaman

Sektor fotografi


Dari segi fotografi, selain resolusi tinggi, kamera belakangnya memiliki bukaan f/2.0. Sementara kamera depan dilengkapi resolusi 8MP dan bukaan f/1.8 dengan wide angle yang cocok untuk ber-selfie ria.
Luna tampak belakang. Liputan6.com/Iskandar
"Kamera Luna mampu merekam video dengan frame rate tinggi sehingga mampu menghasilkan slow motion dengan cukup detail," ujar fotografer senior Arbain Rambey, mengungkapkan pengalamannya selama menggunakan kamera yang tersemat pada smartphone Luna.

Ia menjelaskan, kamera pada Luna memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang iPhone 6 Plus yang dimilikinya saat ini. Salah satu contohnya adalah kamera Luna memiliki fitur white balance yang bisa diatur, sedangkan iPhone 6 Plus hanya ada pilihan HDR dan flash.
Smartphone Luna. Liputan6.com/Iskandar
"Secara penggunaan lebih enak. Bisa dibilang, kamera pada Luna kontrolnya setara dengan kamera profesional, sementara iPhone 6 Plus semi profesional," tandasnya.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini