Sukses

ITU Tetapkan Standar Baru Charger Universal untuk Laptop

International Telecommunication Union (ITU) menetapkan standar bbaru pada charger universal untuk laptop dan perangkat portable lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - International Telecommunication Union (ITU) telah menyetujui standar baru charger universal untuk laptop dan perangkat portable lainnya. 

Standar baru ini membawa sejumlah perbaikan, yakni efisiensi energi, pengurangan emisi gas rumah kaca, dan pengurangan sampah elektronik (e-waste) secara signifikan.

Charger universal adalah charger yang dapat digunakan di banyak jenis perangkat. Dengan begitu, satu charger dapat dipakai di berbagai jenis merek dan tipe colokan/

ITU menamakan standar charger universal ini sebagai Recommendation ITU-T L.1002 "External universal power adapter solutions for portable ICT devices".

Standar baru tersebut, seperti dikutip dari Cellular-News, Jumat (28/10/2016), dikembangkan oleh pakar standarisasi ITU untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), lingkungan dan perubahan iklim, dan ITU-T Study Group 5.

ITU mengungkap alasan di balik penerapan standarisasi baru ini, yakni mengurangi konsumsi daya perangkat lima kali lebih rendah dari ukuran normal lewat desain charger yang ramah lingkungan.

Selain itu, menurut ITU, penggunaan standar baru pada charger universal baru di banyak jenis perangkat akan meningkatkan masa pemakaian (lifetime) dan mengurangi e-waste. 

"Sampah elektronik merupakan tantangan berat bagi kestabilan lingkungan hidup di dunia," ujar Secretary General ITU, Houlin Zhao.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini