Sukses

Surface Dial, Alat Navigasi Unik nan Canggih dari Microsoft

Aksesori ini hadir untuk memudahkan pengguna mengontrol Surface Studio ketika menggambar

Liputan6.com, New York - Bersamaan dengan perkenalan Surface Studio, Microsoft juga menawarkan salah satu aksesori baru untuk mendukung PC tersebut. Aksesori ini diberi nama Surface Dial, yang dapat berfungsi layaknya tetikus (mouse).

Namun berbeda dari alat navigasi pada umumnya, Surface Dial memiliki desain bundar layaknya tabung. Untuk mulai menggunakannya, perangkat ini harus diletakkan terlebih dulu di layar Surface Studio.

Dikutip dari laman The Verge, Senin (31/10/2016), Dial berfungsi untuk mengontrol apa yang ada di layar Surface Studio. Perangkat ini menggunakan teknologi haptic feedback untuk membaca arahan yang diberikan pengguna, baik sentuhan ataupun gerakan memutar.

Ide di balik pengembangan Dial adalah memudahkan pengguna mengatur atau meninjau gambar, seperti warna dan pengaturan lain, saat dikerjakan di Surface Studio. Perangkat ini memanfaatkan konektivitas bluetooth.

Tak hanya untuk keperluan gambar, perangkat ini sebenarnya bisa juga digunakan untuk kebutuhan sederhana lainnya. Microsoft menuturkan Dial bisa digunakan untuk mengatur volume saat komputer sedang memainkan musik menggunakan Spotify atau Pandora.

Meskipun diperuntukkan bagi Surface Studio, bukan berarti seri Surface lainnya tak bisa menggunakan Dial. Menurut Microsoft, Dial juga bisa dipakai di Surface Pro 3, Surface Pro 4, dan Surface Book.

Rencananya, Surface Dial akan mulai meluncur pada 10 November 2016 dengan harga US$ 99 atau sekitar Rp 1,2 juta. Bagi pembeli Surface Studio, aksesori ini sudah tersedia secara gratis dalam paket pre-order.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini