Sukses

Oppo Kuasai Pasar Smartphone Tiongkok

Menurut analis IHS Research, Kevin Wang, Oppo berhasil merebut tahhta Huawei dalam daftar vendor smartphone top di Tiongkok.

Liputan6.com, Tiongkok - Tiongkok merupakan salah satu negara penting dalam industri smartphone, mengingat besarnya potensi pasar di sana. Karena itu, tak heran jika para vendor smartphone berlomba menguasai pasar ponsel Tiongkok.

Menurut analis IHS Research, Kevin Wang, Oppo berhasil merebut takhta Huawei dalam daftar vendor smartphone top di Tiongkok pada kuartal III 2016. Oppo tercatat menjual 22 juta smartphone, sedangkan Huawei sebanyak 18 juta unit. 

 Bukan hanya Oppo, Vivo rupanya juga berhasil melampaui Huawei.

Vivo mengantongi penjualan 19 juta unit pada kuartal III 2016. Dengan demikian, posisi tiga besar secara berurutan ditempati oleh Oppo,Vivo, dan Huawei. Demikian sebagaimana dilansir GSM Arena, Minggu (30/10/2016).

Kemudian posisi ke empat dan lima ditempati Xioami dan Apple, dengan masing-masing penjualan 12 dan 11 juta unit. Secara keseluruhan, sebanyak 123 juta smartphone terjual di Negeri Tirai Bambu pada kuartal III 2016.

Kevin Wang pun yakin industri ponsel di Tiongkok akan menunjukkan pertumbuhan pada kuartal depan.

"Saya memperkirakan pasar ponsel Tiongkok pada kuartal IV akan terus tumbuh. Namun pertumbuhannya akan sedikit berkurang dibandingkan kuartal III," jelasnya. 

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.