Sukses

Bos Sharp: iPhone Terbaru Akan Pakai Layar OLED

CEO Sharp Tai Jeng-wu memberikan konfirmasi bahwa iPhone generasi selanjutnya bakal menggunakan layar OLED. Apakah iPhone 8?

Liputan6.com, Taipei - Rumor iPhone bakal menggunakan layar OLED memang sudah beredar sejak beberapa tahun lalu, jauh sebelum iPhone 7 dan 7 Plus dirilis tahun ini. Kenyataannya, dua smartphone anyar andalan Apple itu belum juga mengusung layar OLED.

Kini, kabar adopsi layar OLED pada iPhone tampaknya bukan isapan jempol belaka. Sebab, sebagaimana dilansir laman Ubergizmo dari Nikkei, Senin (31/10/2016), iPhone generasi berikutnya dipastikan bakal menggunakan layar tersebut.

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Sharp, TaiJeng-wu. Ia membenarkan bahwa iPhone generasi berikutnya bakal menggunakan layar OLED. Hanya saja, Jeng-wu tidak menyebutkan iPhone 8 yang bakal memakai layar OLED.

Secara logika, iPhone generasi selanjutnya dipastikan iPhone 8, bukan 7s. Karena Apple sendiri disebutkan tidak bakal meluncurkan iPhone di 2017.

Mengingat tahun depan merupakan 10 tahun peringatan lahirnya iPhone, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu justru bakal 'loncat' dari 7s dan langsung melahirkan iPhone 8. 

 Konfirmasi Jeng-wu terkuak saat ia mengisi sebuah sesi di Tatung University, Taiwan. Kala itu, ia sempat ditanyakan oleh salah seorang mahasiswa terkait bagaimana rencana Apple dengan produk iPhone-nya di masa mendatang.

"iPhone telah berevolusi. Salah satu perubahan terbesarnya adalah pada sektor layar. Tahun depan, ia akan berganti dari layar LTPS (Low Temperature Poly-Silicon) ke panel OLED," kata Jeng-wu.

"Kami belum tahu apakah produk iPhone terbaru dengan layar OLED ini akan menjadi sebuah tren. Namun jika Apple tidak bertransformasi, nantinya malah tidak ada inovasi," tambahnya.

Jeng-wu juga mengungkapkan bahwa Apple kini tengah mengembangkan fasilitas pengembangan layar OLED di Jepang. Sementara produksi panel OLED akan berlokasi di Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Layar OLED menawarkan warna yang lebih hidup, hitam yang lebih jelas, dan lebih hemat energi dibandingkan panel LCD yang dimiliki iPhone terdahulu.

Samsung sendiri telah menggunakan panel AMOLED untuk sejumlah ponsel seri Galaxy sejak beberapa tahun lalu.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini