Sukses

Perangkat Mobile Kuasai 75% Trafik Internet 2017

Perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, diprediksi menguasai 75 persen trafik internet global pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet kian meningkat. Bahkan perangkat mobile pun diprediksi mendominasi trafik internet pada 2017.

Dilansir Phone Arena, Senin (31/10/2016), Zenith Media merilis sebuah laporan bertajuk "Mobile Advertising Forecasts" yang mengungkapkan bahwa perangkat mobile akan menguasai 75 persen trafik internet global pada tahun depan.

Penggunaan perangkat mobile untuk mengakses internet memang mengalami pertumbuhan yang cepat, mulai dari 40 persen pada 2012 menjadi 68 persen pada 2016, hingga diprediksi mencapai 79 persen pada 2018.

Negara-negara dengan konsumsi mobile internet tertinggi tersebar di berbagai wilayah Eropa Barat, Asia, dan Amerika Utara. Edisi pertama Mobile Advertising Forecasts ini mencakup 60 negara kunci di seluruh dunia.

Zenith pun melaporkan bahwa Spanyol memiliki konsumsi internet mobile tertinggi, sebesar 85 persen pada tahun ini.

Namun, Hong Kong diprediksi akan memimpin pada 2018, dengan posisi enam besar selanjutnya secara berurutan ditempati Tiongkok, Spanyol, Amerika Serikat, Italia, dan India.

Sedangkan negara dengan penetrasi smartphone tertinggi diprediksi dipegang oleh Irlandia yaitu 92 persen, diikuti Singapura 91 persen, Spanyol 88 persen, Norwegia 86 persen, dan Korea Selatan 84 persen.

Irlandia pun diperkirakan akan tetap memimpin pada 2018 dengan 94 persen penetrasi, diikuti Swiss dan Singapura dengan masing-masing 92 persen, serta Norwegia dan Taiwan dengan masing-masing 91 persen.

Peningkatan penggunaan mobile internet didorong oleh tingginya penetrasi perangkat mobile. Pada 2012, hanya 23 persen dari 60 pasar yang diteliti Zenith memiliki smartphone dan 4 persen tablet.

Kini penetrasi smartphone menjadi 56 persen dan diprediksi mencapai 63 persen pada 2018. Sedangkan tablet memang kalah pamor daripada smartphone, tapi penetrasinya sekarang sebesar 15 persen dan dipredksi menjadi 17 persen pada 2018.

"Perangkat mobile sudah menjadi perangkat utama untuk mengakses internet di seluruh dunia. Negara-negara di Eropa Barat, Asia, dan Amerika Utara memimpin transisi tersebut, dan teknologi mobile semakin meluas dengan cepat. Pada tahun depan, perangkat mobile juga akan menjadi 'kendaraan' utama untuk iklan internet," jelas Head of Forecasting Zenith, Jonathan Barnard.

Dalam laporan yang sama, disebutkan bahwa iklan mobile akan mengambil alih iklan desktop pada tahun depan dengan peningkatan menjadi 52 persen dari 44 persen pada tahun ini. Pada 2018, iklan mobile diprediksi menguasai 60 persen dari total iklan di internet.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.