Sukses

GrabChat Mudahkan Komunikasi antara Pengguna dan Pengemudi Grab

Liputan6.com, Jakarta - Grab belum lama ini mengumumkan ketersediaan GrabChat, platform pesan instan yang dibuat di aplikasi Grab untuk seluruh negara di mana Grab beroperasi di Asia Tenggara. Melalui GrabChat, pengguna dan mitra pengemudi Grab dapat saling berkomunikasi.

Selama periode uji coba beta yang melibatkan lebih dari 50.000 pengguna di seluruh Asia Tenggara, GrabChat telah berkontribusi membantu mitra pengemudi dalam menjemput penumpang dan memulai perjalanan. Dengan kehadiran GrabChat, Grab menjadi aplikasi pemesanan kendaraan pertama di Asia Tenggara yang menyediakan platform pesan instan di aplikasinya.

"GrabChat akan mempermudah dan mempercepat proses penjemputan bagi penumpang dan pengemudi dengan adanya komunikasi yang mulus langsung dari aplikasi Grab, tanpa perlu menghabiskan pulsa," ujar Hooi Ling Tan, Co-Founder Grab, dalam pernyataannya kepada Tekno Liputan6.com. 

Selama masa uji coba bagi penumpang dan mitra pengemudi terpilih di Malaysia dan Singapura, penggunaan GrabChat diklaim mampu menghemat 85.000 SMS bagi para mitra pengemudi dan 45.000 SMS bagi para penumpang hanya dalam periode satu pekan.

Melalui GrabChat, para mitra pengemudi dapat mengomunikasikan perkiraan waktu kedatangan mereka tanpa perlu menutup aplikasi Grab, sedangkan para penumpang dapat menerima umpan balik lebih responsif dan mengomunikasikan posisi mereka.
 GrabChat Mudahkan Komunikasi antara Pengguna dan Pengemudi Grab
GrabChat dilengkapi dengan template pesan-pesan yang biasa digunakan oleh pengemudi dan penumpang. Hal ini menghadirkan cara lebih nyaman bagi kedua belah pihak untuk berkirim pesan, hanya dengan sekali sentuh.

Selama periode uji coba beta dari GrabChat, sebagian besar pesan yang dikirim oleh para mitra pengemudi merupakan template pesan untuk berkomunikasi dengan penumpang mereka, dengan tiga pesan yang paling banyak digunakan adalah "Saya sudah sampai", "OK", dan "Saya akan tiba dalam 2 menit". Per akhir tahun ini, GrabChat juga akan diperkuat fitur auto translation, yang memungkinkan pelancong di Asia Tenggara lebih mudah berkomunikasi dengan pengemudi lokal.

Fitur-fitur pembaruan yang akan datang untuk GrabChat antara lain:
Auto translation untuk memungkinkan komunikasi lebih mulus antara pengemudi dan pelancong asing dengan dukungan bahasa Inggis, Melayu, Indonesia, Mandarin, Thailand, dan Vietnam.

● Proses terjemahan berkelanjutan dari pesan-pesan template untuk semua negara berdasarkan analisis dari pesan-pesan yang paling sering diketik.

● Memungkinkan pesan lokasi dan multimedia berdasarkan penilaian atas kenyamanan pengguna untuk berbagi atau mengirimkan foto dari lokasi mereka untuk proses penjemputan lebih cepat.

● Memperluas GrabChat untuk layanan lain seperti GrabHitch, GrabExpress dan GrabFood untuk pengalaman pengguna yang lebih seragam dalam aplikasi Grab.


Untuk menikmati fitur GrabChat, tentunya pengguna harus memperbarui aplikasi Grab di ponselnya.

(Why/Isk)

Artikel Selanjutnya
Gmail Kini Bisa Balas Pesan secara Otomatis
Artikel Selanjutnya
Movin’, IndiHome Quadruple Play