Sukses

Tips Bikin Koneksi Internet 'Ngebut' di Android

Isu internet lemot ternyata tak hanya dari operator, coba beberapa tips ini agar bisa buat koneksi internet smartphone-mu lebih 'ngebut'.

Liputan6.com, Jakarta - Meski berbekal fitur canggih dan spesifikasi mumpuni, tak semua smartphone Android memiliki koneksi internet yang stabil.

Pada akhirnya, kemampuan akses internet bergantung lagi ke masing-masing operator yang digunakan. Akan tetapi, ada saja cara untuk mempercepat koneksi internet yang bisa diakali.

Laman Whistle Out, Jumat (4/11/2016), mengungkap beberapa cara mudah untuk mempercepat koneksi internet di perangkat Android.

Namun perlu diingat, cara ini harus dilakukan secara rutin agar koneksi internet kamu berjalan lancar dan tidak bermasalah.

Sebelum melakukan cara-cara ini, pastikan smartphone Android-mu tidak terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi dan kembali cek bahwa Mobile Data milikmu menyala. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini caranya.

1. Hapus App Cache



Aplikasi yang terinstal di smartphone kamu secara tak langsung akan menghasilkan "cache" yang dapat memakan memori sistem operasi. Selain itu, cache nyatanya juga menghabiskan data internet secara perlahan.

Inilah yang membuat koneksi internet tidak berjalan dengan lancar. Karena itu, coba hapus cache aplikasi-aplikasimu. Caranya mudah, pilih Settings lalu ke Applications. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya dan tap pilihan Clear Cache.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Pengaturan Network

2. Cek Pengaturan Network



Jika kamu mengalami masalah saat loading browser, berarti jaringan internet bermasalah. Kamu perlu kembali meninjau pengaturan network di smartphone-mu. Caranya pergi ke Settings, lalu pilih Mobile Network Settings.

Mobile Network Settings menawarkan beberapa pilihan jaringan: WCDMA only, GSM only, GSM/WCDMA auto dan GSM/WCDMA/LTE auto.

Kebanyakan perangkat pasti menggunakan jaringan GSM/WCDMA/LTE auto. Jika smartphone kamu tidak berada di jaringan tersebut, pilih jaringan GSM/WCDMA/LTE auto untuk mengaktifkan koneksi 3G atau 4G.

3 dari 3 halaman

Uninstall Aplikasi dan Widget yang Tak Penting

3. Uninstall Aplikasi dan Widget yang Tak Penting


Perlu diingat, beberapa dari aplikasi dan widget nyatanya mengonsumsi data internet ketika mereka berjalan di background. Contoh saja, Facebook. Jika hal ini dibiarkan, konsumsi data akan terus berlangsung dan secara perlahan akan memperlambat koneksi internet.

Caranya sederhana, kamu hanya perlu menyingkirkan aplikasi dan widget yang menurutmu tidak penting digunakan. Untuk widgets, kamu tap dan hold widget yang ingin dihapus dan drag ke icon Remove di atas layar.

Kalau ingin menghapus aplikasi, bergegaslah ke Settings dan pilih menu Applications untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini