Sukses

Gameroom, Platfrom Gim Besutan Facebook

Facebook resmi meluncurkan platform bermain gim khusus yang diberi nama Gameroom.

Liputan6.com, California - Sebelumnya, Facebook dikabarkan akan mulai terjun ke industri eSport dengan melakukan pendekatan ke Super Evil Mega corp.

Bersamaan dengan rumor yang masih berembus kencang tersebut, jejaring sosial itu meluncurkan sebuah platform untuk bermain gim di Windows.

Jalan yang dilalui platform bernama Gameroom ini terbilang banyak. Setelah berbulan-bulan melakukan perubahan nama, uji coba termasuk untuk pengembang, Gameroom akhirnya secara resmi tersedia untuk diunduh pada Windows 7 ke atas.

Dikutip dari laman Tech Crunch, Kamis (3/11/2016), Gameroom memungkinkan pengguna memainkan gim web, ported mobile, termasuk yang didesain khusus untuk Gameroom. Jadi, pengguna bisa memainkan beragam judul gim yang terpisah dari News Feed di Facebook.

Meskipun terbilang tak benar-benar baru, Facebook harus berkompetisi dengan platform serupa dari Valve, yakni Steam. Apalagi Steam saat ini sudah memiliki pengguna aktif lebih dari 125 juta.

Karenanya, menurut beberapa pihak Facebook harus mampu meyakinkan developer gim bahwa Gameroom mampu memancing banyak pemain dengan memanfaatkan jejaring sosialnya. Selain itu, perusahaan juga harus mampu mengajak banyak pemain merasakan pengalaman bermain gim di Gameroom.

Apabila Facebook berhasil, bukan tidak mungkin Gameroom akan menjadi tujuan banyak pemain. Beberapa analis menyebut, setidaknya 30 persen pendapatan perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu dapat berasal dari platform anyar ini.

Beberapa fitur jejaring sosial itu juga bisa menjadi nilai tambah untuk mendukung platform gim ini. Salah satunya adalah dukungan iklan yang memungkinkan developer mempromosikan gim besutannya, atau menyiarkan video streaming dari pemain gim melalui Facebook Live.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini