Sukses

UMKM Binaan BUMN Diintegrasikan ke Blanja.com

Digitalisasi bisnis Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan seluruh BUMN kini diintegrasikan ke situs eCommerce Blanja.com

Liputan6.com, Jakarta - Digitalisasi bisnis Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitra binaan seluruh BUMN kini diintegrasikan ke situs eCommerce milik Telkom Group, Blanja.com.

Menteri BUMN Rini Soemarno meminta semua BUMN memanfaatkan platform tersebut dalam memasarkan baik produk UMKM binaannya maupun produk atau jasa masing-masing BUMN.

"Apalagi sudah ada kerja sama dengan Blanja.com dalam wadah sinergi BUMN dengan Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN untuk sektor pembayaran, Pos Indonesia untuk sektor logistik, serta dukungan finansial yang diberikan Permodalan Nasional Madani," kata Rini, dalam acara sinergi BUMN di Labuan Bajo, NTT, beberapa waktu lalu.

Menurut Rini, digitalisasi sekaligus sinergi UMKM melalui Blanja.com adalah wujud nyata implementasi visi Presiden Jokowi memperkuat UMKM dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada 2020.

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga mengatakan, Blanja.com merupakan etalase daring seluruh produk UMKM binaan BUMN guna mendorong mereka ke tingkat global. Alex menilai, diperlukan sinergi BUMN dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing pelaku usaha mikro.
Menteri BUMN Rini M. Soemarno (tengah) bersama Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula (Kedua Kiri) yang disaksikan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga (kanan) saat meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat
"Selain Blanja.com, sinergi dihadirkan melalui pendirian Rumah Kreatif BUMN. Di dalamnya, ada bimbingan dan pelatihan UMKM, yang direncanakan Kementerian BUMN hadir di 514 kabupaten dan kota se-Indonesia. Di sini, Telkom Group memberikan dukungan berupa digitalisasi bisnis melalui Blanja.com," tutur Alex.

Selain oleh Telkom Group, Rumah Kreatif juga disokong oleh Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina, dan PLN. Hingga akhir 2016, semua BUMN itu akan menyelesaikan 100 unit Rumah Kreatif, termasuk satu unit di Kabupaten Manggarai Barat yang telah diresmikan dan siap dioperasikan.

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini