Sukses

Selain Apple, Microsoft Ternyata Juga Pernah Buat Touch Bar

Microsoft mengungkapkan pernah mengembangkan teknologi serupa Touch Bar pada 2010

Liputan6.com, Washington - Beberapa minggu lalu, Apple baru saja memperkenalkan MacBook Pro versi teranyar. Salah satu yang menarik perhatian publik adalah kehadiran fitur Touch Bar, sebuah layar sentuh OLED yang berfungsi menggantikan function keys.

Meskipun terlihat canggih dan baru, ternyata teknologi serupa pernah dikembangkan oleh Microsoft. Namun perusahaan yang berbasis di Redmond itu tak pernah benar-benar menggarapnya.

Infomasi ini diungkap langsung oleh manager Applied Sciences Group di Microsoft Steve Bathiche melalui Twitter-nya. Lewat kicauannya, ia menjelaskan beberapa konsep dan purwarupa yang dikerjakan Microsoft selama bertahun-tahun.

Ternyata, salah satu konsep tersebut adalah layar yang sensitif terhadap sentuhan dan diletakkan di atas keyboard. Konsep yang dikembangkan pada 2010 itu jelas sangat mirip dengan Touch Bar yang ada di MacBook Pro.

"Purwarupa ini memiliki layar yang besar, sensitif terhadap sentuhan dengan keyboard di bagian bawahnya," ujarnya seperti dikutip dari Ubergizmo, Minggu (6/11/2016).

Namun konsep tersebut tak pernah terwujud karena Microsoft tak memproduksi komputer secara ketika itu. Pun juga ketika perusahaan itu kini menggarap komputer sendiri.

Alih-alih mengembangkan konsep layar sentuh di atas keyboard tersebut, menurut Bathiche, Microsoft memilih navigasi dengan layar sentuh yang dianggap lebih baik.

Keputusan Microsoft untuk memakai layar sentuh memang berbeda dari Apple yang memilih Touch Bar sebagai pilihan utama. Perusahaan asal Cupertino itu memastikan tak akan pernah memakai layar sentuh di perangkat Mac-nya.

Hal itu ditegaskan oleh Chief Design Office Apple Jonathan Ive beberapa waktu lalu. Menurut Ive, fitur layar sentuh dinilai tak tepat bagi MacBook karena dianggap tak terlalu berguna dan tak ada aplikasi yang benar-benar sesuai untuk multitouch.

Jadi, hampir dapat dipastikan kedua perusahaan akan memiliki ciri khas laptop masing-masing. Kalau begitu, bagaimana dengan kamu, pilih MacBook dengan Touch Bar atau Surface dengan layar sentuh?

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.