Sukses

Ukuran Unduhan Pembaruan Windows 10 Bakal Makin Ringkas

Lewat metode anyar ini, Microsoft menjanjikan ukuran unduhan update Windows 10 yang lebih ringkas hingga 35 persen.

Liputan6.com, Washington - Sistem operasi besutan Microsoft, Windows 10, masih kerap dikritik para pengguna. Selain pembaruan yang terbilang sering, ukuran unduhan yang kelewat besar membuat banyak pengguna Windows 10 kerepotan.

Microsoft rupanya menyadari masalah tersebut. Karena itu, Microsoft tengah mencari cara agar ukuran file unduhan update Windows 10 menjadi lebih kecil.

Salah satu yang dilakukan perusahaan asal Redmond itu adalah menyiapkan 'Unified Update Platform' (UUP). Lewat cara ini, diharapkan ukuran pembaruan lebih ringkas.

Jadi, sistem baru ini membuat Windows hanya akan mengunduh file pembaruan yang diperlukan pengguna. Proses tersebut dimungkinkan sebab build (versi pembaruan) akan menggunakan metode yang disebut differential download.

Dikutip dari laman The Next Web, Minggu (6/11/2016), Microsoft dapat mengurangi ukuran sebuah unduhan hingga 35 persen dari ukuran sebelumnya dengan menghapus sejumlah sistem bawaan. Sistem baru ini juga memungkinkan pengguna menghemat kapasitas memori perangkatnya.

Microsoft juga memastikan sistem anyar ini bakal berlaku di Windows 10 Mobile. Bahkan, khusus untuk Windows 10 Mobile, pengguna tak perlu mengunduh pembaruan beberapa kali untuk bisa mendapatkan fitur teranyar. Hanya, perlu diingat, seluruh proses pembaruan masih sama, tapi dengan waktu lebih cepat.

Belum dapat dipastikan kapan Microsoft berencana mulai merilis pembaruan ini. Untuk sekarang, fitur ini baru saja digulirkan Microsoft dan diuji oleh anggota Windows Insider.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.