Sukses

20 Finalis The NextDev 2016 Jalani Fase Bootcamp

Liputan6.com, Bandung - Kompetisi The NextDev 2016 yang digelar Telkomsel memasuki fase bootcamp pada 1-5 November 2016 di Bandung Digital Valley.

Di fase tersebut, 20 startup finalis kompetisi pengembang aplikasi mobile bertemakan Smart City (Kota Pintar) dan Smart Rural (Desa Pintar) ini memperoleh pelatihan intensif dari beberapa pakar untuk memperkaya pengetahuan mereka.

Beberapa pakar yang menjadi mentor antara lain Alamanda Shantika Santoso (Digital Activist FemaleDev 1000 Startup), Ihsan Akhirulsyah (CFO eFishery), Seterhen Akbar (CEO Labtek Indie), Edy Galaxcy (Design Director DM IDM Group), serta Yansen Kamto (CEO KIBAR) dan Octa Ramayana (Incubator Researcher KIBAR).

Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, bootcamp memadukan aktivitas serius namun menyenangkan untuk memberikan manfaat optimal. Dengan konsep interaktif, bootcamp memberikan pengetahuan dan pembelajaran berdasarkan pengalaman praktisi dunia digital.

"Bootcamp menjadi sangat krusial di rangkaian program The NextDev. Di tahap ini seluruh peserta dibekali pengetahuan praktis yang akan memperkuat fondasi aplikasi mereka. Kami berharap mereka memperoleh pencerahan mengenai seluk beluk model bisnis yang ingin dikembangkan," kata Adita.

Adita menjelaskan, peserta awalnya melakukan team building. Selanjutnya, mereka mendapat pembekalan intensif dengan topik khusus tentang teknis aplikasi, pemasaran, dan investasi bersama pakar di berbagai bidang.

Pada sesi technical day, peserta mempelajari segala hal tentang user interface dan user experience aplikasi mulai dari fondasi, best practices, tips desain interaktif, serta uji coba penggunaan.

Saat sesi marketing day, para peserta memperoleh ilmu praktis mengenai pemasaran, di antaranya strategi go-to-market, branding, pengembangan promosi yang efektif, dan validasi pelanggan.

"Pada sesi investment day, para peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang story telling yang menggugah, tips scaling up bisnis, menyusun pitching deck berkualitas, dan roleplay pertemuan dengan investor," tutur Adita. 

Setelah menyerap seluruh ilmu, para peserta melakukan presentasi karya aplikasi di final pitching pada hari penutupan. Penilaian untuk menentukan peserta yang lolos tahap selanjutnya ditentukan berdasarkan user experience, kesesuaian tema, dan impact level, serta kesiapan produk.

(Msu/Why)

Artikel Selanjutnya
Cuplikan Video Kemenangan Napoli atas Nice di Liga Champions
Artikel Selanjutnya
Jadwal Bola Hari ini, Siaran Langsung 16 Agustus 2017