Sukses

Review: Logitech K480, Wireless Keyboard Kompatibel dengan 5 OS

Logitech K480, wireless keyboard yang kompatibel dengan 5 OS dan dapat digunakan di 3 perangkat sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta - Makin banyak tipe perangkat, makin banyak pula aksesori penunjangnya. Kehadiran aksesori penunjang ini tak dapat dipandang sebelah mata karena bagi sebagian di antara kita, aksesori penunjang dapat meningkatkan produktivitas.

Adapun salah satu aksesori penunjang yang banyak digunakan adalah keyboard eksternal. Kali ini, Tekno Liputan6.com akan mengulas wireless keyboard Logitech K480. Seperti kita ketahui, Logitech adalah salah satu pemain senior di pasar periferal dan aksesori komputer. Bagaimana ulasannya, simak selengkapnya berikut ini!

Desain

Hal paling menarik dari Logitech K480 adalah kehadiran dock untuk menempatkan perangkat favorit kamu baik itu tablet ataupun ponsel. Dengan demikian, kamu tak memerlukan kick stand, ring stand, atau aksesori lainnya untuk menopang ponsel atau tablet kamu.

Kedalaman dock, menurut kami, telah diperhitungkan secara matang untuk kenyamanan sudut pandang pengguna terhadap layar ponsel atau tablet. 
Logitech K480. Liputan6.com/Iskandar
Untuk ponsel berlayar 4 atau 5 inci, kamu bisa menempatkan 3 ponsel sekaligus di Logitech K480. Kalau kamu punya satu tablet berlayar 7 inci dan satu ponsel berlayar 4 atau inci, kamu bisa menempatkan keduanya sekaligus.

 Sebagai tombol wajib, tombol alfanumerik A-Z dan 0-9 tersedia di Logitech K480. Kemudian layaknya keyboard PC ataupun laptop, tombol F1 hingga F12 juga disediakan.

Sejumlah tombol khusus seperti esc, tab, caps lock, shift, ctfl, alt, fn, tanda panah empat arah, simbol-simbol, tombol power, tombol easy switch untuk berpindah antar perangkat, dan beberapa tombol lainnya, juga ada.

Berarti, bisa dikatakan bahwa Logitech K480 memang hampir memiliki semua tombol keyboard PC dan laptop.
Logitech K480. Liputan6.com/Iskandar
Selanjutnya, dengan bobot 820 gram, keyboard berdimensi 20 mm x 299 mm x 195 mm ini menurut kami tidak cocok untuk dijadikan sebagai perangkat portabel. Toh, Logitech ternyata memang merancangnya untuk pemakaian di atas meja, bukan untuk dibawa-bawa. 

Dukungan 5 OS
Barangkali, dukungan terhadap 5 OS sekaligus yakni Android, Chrome OS, iOS, MacOS, dan Windows, menjadi senjata andalan Logitech K480. Dengan begitu, kamu yang punya lebih dari satu perangkat yang berbeda OS, tak perlu khawatir. Yang terpenting, perangkat kamu harus mempunyai dukungan profil Bluetooth Human Interface Device/HID, termasuk keyboard eksternal.

PC/Laptop: Windows 7, Windows 8 atau versi terbaru
Mac: Mac OS X atau versi terbaru
Chrome OS
iPad atau iPhone: iOS 5 atau versi terbaru
Android: Android 3.2 atau versi terbaru

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsionalitas

Fungsionalitas

Senjata andalan lainnya dari Logitech K480 adalah keyboard ini dapat digunakan untuk 3 perangkat sekaligus, misalnya, satu ponsel, satu tablet, dan satu laptop. Tentunya, kamu harus melakukan pairing terlebih dahulu. Tapi untungnya, pairing hanya perlu dilakukan satu kali karena untuk pemakaian kedua dan seterusnya, kamu tak perlu melakukan pairing.

Saat ketiga perangkat kamu sudah terhubung ke Logitech K480, dengan mudah kamu dapat menentukan Logitech K480 digunakan untuk perangkat yang mana. Kamu cukup menggerakkan tombol easy switch saja.

Logitech K480. Liputan6.com/Iskandar
Kamu yang sering mengetik pasti akrab dengan shortcut atau jalan pintas berbagai perintah (command) semisal ctrl + c untuk menyalin (copy), ctrl + v untuk merekatkan (paste), dan lain-lain. Nah, Logitech K480 ini juga sudah dilengkapi dukungan shortcut untuk command semacam itu. 

Kecepatan mengetik

Untuk membandingkan kecepatan mengetik antara keyboard PC dan keyboard Logitech K480, kami menggunakan layanan dari 10fastfingers. Mekanisme pengujiannya, kami diharuskan mengetik setiap kata yang muncul selama satu menit tanpa henti.

Kebetulan, 10fastfingers menyediakan pengujian kecepatan mengetik dalam bahasa Indonesia. Keyboard PC yang kami gunakan adalah Logitech K120. Seperti apa hasilnya? Simak dua screenshots di bawah ini.

Kecepatan Mengetik Keyboard PC Logitech K120 di Typingtest.com. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Hasil pengujian di keyboad PC Logitech K120


Kata per menit: 84
Total karakter: 442 (Betul 418, salah 24)
Kata yang benar: 65
Kata yang salah: 4


Kecepatan Mengetik Keyboard Nirkabel Logitech K480 di Typingtest.com. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Hasil pengujian di keyboard PC Logitech K480

Kata per menit: 83
Total karakter: 433 (Betul 415, salah 18)
Kata yang benar: 65
Kata yang salah: 2

Sumber daya

2 baterai AAA (tersedia di paket pembelian)
Logitech K480. Liputan6.com/Iskandar

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Logitech K480 akan sangat cocok buat kamu yang sering menggunakan beberapa perangkat sekaligus yang berjalan di berbagai OS. Tombol easy switch di keyboard ini sangat memudahkan kamu berganti dari satu perangkat ke perangkat lain yang terhubung via Bluetooth setelah pairing.

Proses pairing dengan perangkat pun mudah dilakukan dan cukup sekali saja. Di pengujian ini, kami menghubungkan Logitech K480 ke LG X Power, iPhone 5s, dan Lenovo Tab 3 Pro (Tablet). 

Soal kemampuan, hasil pengujian kami di 10fastfingers.com menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara Logitech K480 dan Logitech K120 (keyboard PC). Artinya, ukuran dan kerapatan tombol sudah tepat dan membuat pengguna nyaman. Seandainya ukuran dan kerapatannya lebih kecil lagi, barangkali hasil pengujian akan berkata lain.

Kemudian, dari segi desain, kehadiran dock jelas berperan penting untuk menempatkan perangkat kamu. Lalu aksen warna hijau di Logitech K480 juga pas buat kamu yang berjiwa sporty. 

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini