Sukses

Perkaya Pengalamanmu dengan 7 Fitur Seru BBM Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah dirilis beberapa waktu lalu, tidak ada salahnya menyegarkan kembali ingatan Anda akan fitur-fitur menarik yang tersedia pada aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). 

Sebagaimana disampaikan dalam keterangan rilis kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (8/11/2016), ketujuh fitur menarik BBM tersebut sudah dapat Anda nikmati apabila Anda sudah memperbarui aplikasi BBM di Google Play Store atau App Store.

Ketujuh fitur ini tentunya akan memperkaya pengalaman Anda menggunakan aplikasi pesan instan dalam kehidupan sehari-hari.

Tanpa berlama-lama, yuk simak ketujuh fitur terbaru BBM berikut ini:

1. Berbagi Foto High Resolution

Jika sebelumnya pengguna hanya bisa berbagi informasi teks, kali ini pengguna dapat berbagi foto berkualitas tinggi (high resolution) ke BBM Feeds.

"Pengguna dapat langsung membagikannya langsung ke seluruh kontak tanpa harus memperbarui gambar avatar untuk menampilkan foto," demikian disampaikan CEO BBM, Matthew Talbot.

Untuk melakukannya, Anda tinggal masuk ke BBM Feeds -> tap icon foto -> izinkan BBM untuk mengakses kamera/galeri foto ponsel -> pilih foto, crop, dan berikan caption -> bagikan.

2. Video di BBM Feeds via BBM Channel

Pengguna juga dapat menonton beragam video yang muncul di timeline di BBM Feeds. Perlu dicatat, hanya pengguna pemilik BBM Channel yang bisa mengunggah video, namun masih bisa ditonton semua pengguna BBM. 

Cara mengunggah video sebagai pemilik BBM Channel adalah masuk ke Channel Management Consoloe (CMC) -> copy-paste tautan video yang diunggah ke Vidio.com -> edit judul atau deskripsi sebelum di-post.

3.  BBM Game Center di Menu Discover

Temukan permainan baru Fruits Mania: Elly's Travel with BBM dengan mengakses BBM Game Center pada menu Discover. Anda dapat memainkannya secara gratis, dan para pengguna Android dapat berkompetisi dengan teman-teman mereka. 

Game tersebut sudah dapat Anda mainkan mulai 1 November lalu. Perlu diketahui, untuk memboyong BBM Game Center kepada 60 juta pengguna aktif BBM di Tanah Air, BBM bekerja sama dengan Neowiz Games Corp, game developer asal Korea Selatan.

Jangan khawatir, karena Talbot memastikan pihaknya akan merilis lebih banyak game gratis hingga bulan mendatang. 

BBM Pulsa hingga BBM Interface

4.  BBM Pulsa/PLN di Menu Discover

Sebetulnya fitur BBM Pulsa/PLN sudah tersedia di aplikasi ini sejak awal Oktober lalu di Indonesia. Kini pengguna dapat membeli pulsa, membayar tagihan PLN, BPJS, atau pembayaran tagihan lain di BBM.

5. BBM Voucher di Menu Discover

Bagi Anda yang ingin melakukan pembelian atau penukaran dari berbagai restoran dan tempat hiburan di BBM, cukup kunjungi menu Discover di aplikasi BBM Anda. Voucher yang Anda terima akan tersimpan di BBM Voucher Shop sehingga Anda tak perlu khawatir kehilangan.

6. Airtime Nigeria di Menu Discover

Fitur lainnya bagi pengguna BBM di Nigeria, Anda dapat mengisi ulang Airtime lewat BBM. Pada versi terbaru, icon Airtime akan muncul di menu Discover untuk pengguna BBM di Nigeria. 

Peningkatan Interface

7.  Peningkatan Interface BBM

Terakhir, BBM menampilkan beberapa peningkatan pada interface aplikasinya. Beberapa di antaranya adalah: 
-Kontak kini dapat tampil dalam bentuk daftar yang disusun secara default, tak hanya grid
-Pindai barcode sudah muncul pada pilihan menu
-Icon Channel di menu Discover kini menjadi alternatif akses BBM Channel
-BBM tetapkan standar waktu pengiriman pesan selama 25 detik
-Percakapan dengan beberapa orang dan grup kini diwajibkan untuk mencantumkan nama. Tujuannya untuk memastikan pengguna mengirim pesan kepada orang yang tepat. 

"Semua fitur baru ini hadir secara beruntun. Semua melengkapi berbagai fitur yang telah ada, baik yang sudah dikembangkan maupun yang telah kami tingkatkan selama beberapa tahun terakhir untuk membuat BBM menjadi aplikasi pesan nomor satu untuk pusat kegiatan pengguna dan entry point ekosistem mobile. Ini baru permulaan saja," tutup Talbot.

(Cas/Isk)

Artikel Selanjutnya
Tips Menghemat Kuota Internet Saat Akses Facebook di Android
Artikel Selanjutnya
BBM Kembali Hadirkan Pembaruan untuk Pengguna Android