Sukses

5 Hal Sederhana Ini Bikin Tagihan Listrik Anti Bengkak

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas manusia tak pernah lepas dengan barang-barang elektronik, berbagai kebutuhan mulai dari hiburan, urusan pekerjaan, hingga aktivitas di rumah tak terlepas dengan barang-barang yang membutuhkan daya listrik.

Karena kepraktisan dan juga pembiaran dalam penggunaannya tak jarang alat-alat tersebut dinyalakan diluar kebutuhan, sebut saja pendingin udara non-stop, lupa mematikan TV, mesin air, dan membiarkan lampu-lampu menyala terus menerus tanpa sadar tagihan pun membengkak dan harus sering-sering mengisi token listrik bagi pengguna listrik pra bayar.

Sebenarnya ada beberapa cara praktis untuk menghemat tagihan listrik Anda. Apa saja? Ikuti tips berikut ini.

Tentukan kebutuhan daya listrik

Sebelum menentukan daya listrik coba pikirkan masak-masak berapa daya listrik yang Anda butuhkan. PLN menetapkan 17 golongan tarif dasar listrik dan khusus unntuk rumah tangga tarifnya dibagi tiga, yakni R1, R2, dan R3. Golongan tarif tersebut menentukan biaya pemakaian dan biaya beban, yaitu biaya yang harus dibayar setiap bulan untuk setiap 1.000 watt listrik yang tersambung.

Hindari kebiasaan boros listrik

Coba ingat-ingat kebiasaan yang sering kamu lakukan saat pemakaian listrik? Kalau sudah ingat coba deh ubah kebiasaan tersebut. Mulai sekarang jangan biarkan lampu terus menyala, matikan perangkat hiburan seperti DVD, TV, radio tape, PC saat tidak digunakan dan jangn lupa untuk mencabut kabelnya dari stop kontak.

Desain rumah yang mendukung hemat energi

Rumah hemat energi yang dimaksud ialah desain rumah yang mendukung untuk hemat energi salah satu caranya ialah membangun rumah yang memiliki banyak bukaan atau jendela. Hal tersebut memungkinkan Anda melakukan penghematankarena tidak perlu lagi menggunakan pendingin udara ataupun lampu.

Cermat memilih perabot listrik

Pilihlah alat elektronik yang berdaya lebih kecil supaya Anda bisa lebih berhemat. Rice cooker, mesin cuci, pendingin udara atau AC, dan perabot lainnya, pilihlah yang sesuai dengan daya listrik yang ada di rumah. Hmmm, kalau mau lebih berhemat lagi Anda bisa mengakalinya dengan cara menggunakan perabot listrik seperlunya. Jika masih bisa mencuci dengan tangan kamu tidak perlu menggunakan mesin cuci, kan?

Pasang alat penghemat listrik

Apakah Anda pernah pernah mengalami switch meteran / MCB listrik jatuh / turun? Padahal anda sudah menghitung jumlah semua daya / watt peralatan listrik yang sedang digunakan tidak melebihi kapasitas daya listrik rumah Anda. Hal itu dikarenakan peralatan yang memakai listrik pada umumnya ( kalau tanpa kapasitor) menggunakan daya watt ( daya semu) yang lebih besar dari daya watt sesungguhnya.

Prinsip kerja alat penghemat listrik berfungsi menyamakan watt yang dipakai alat-alat listrik menjadi jumlah watt sesungguhnya sehingga pemakaian listrik lebih terjaga. Alat ini sekarang bisa didapatkan di mal online Tokopedia, ada banyak pilihan alat penghemat listrik dari berbagai seller dengan pilihan harga dan tipe sesuai daya yang digunakan.



(Adv)

Artikel Selanjutnya
Cara Efisien Kurangi Tagihan Listrik di Rumah
Artikel Selanjutnya
10 Cara Sederhana Buat Bikin Hidup Kamu Makin Hemat