Sukses

Android Nougat Ternyata Punya Fitur Rahasia, Apa Itu?

Liputan6.com, Jakarta - Android Nougat alias Android 7 ternyata punya sebuah fitur rahasia yang baru diketahui belakangan ini. Fitur ini diketahui setelah ditemukan oleh pengembang Android.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Selasa (8/11/2016), fitur tersembunyi itu adalah kemampuan screenshot parsial atau sebagian.

Kehadiran fitur screenshot parsial ini ditemukan dalam Android 7.1 Nougat open source build. Adapun yang dimaksud dengan screenshot parsial adalah kemampuan untuk memilih bagian mana dari sebuah layar yang akan di-screenshot

Alih-alih men-screenshot seluruh layar dan memotong bagian yang diinginkan, fitur screenshot parsial ini memungkinkan pengguna untuk memilih sebagian layar yang memang dibutuhkan.

Karenanya, pengguna pun tak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan potongan hasil screenshot yang dimau.

Fungsi tersebut memang ada namun sifatnya tersembunyi. Meski begitu, belum ada kejelasan apakah Google atau perusahaan manufaktur smartphone Android akan membuat fitur ini bisa digunakan pada ponsel Android 7.1 Nougat yang diproduksinya.

Jika fitur ini benar-benar dihadirkan, tentunya pengalaman screenshot bisa jadi lebih baik dan nyaman bagi penggunanya.

Sebagai informasi, fungsi ini diaktifkan melalui perubahan yang dilakukan oleh pihak ketiga menggunakan source code Android. Jadi, tak semua smartphone dengan OS bawaan Android Nougat bisa menjajal fitur tersembunyi ini.

Video berikut ini mungkin bisa memberikan gambaran untuk kamu tentang fitur ini.


(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
5 Kemampuan Google Assistant yang Tak Kamu Ketahui
Artikel Selanjutnya
5 Alasan Android Lebih Baik dari iPhone