Sukses

Cara Reset Password GoPro dalam Hitungan Menit

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna GoPro pasti pernah punya pengalaman lupa password (kata sandi) Wi-Fi yang digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan GoPro via aplikasinya. 

 Bahkan, salah satu tim Tekno Liputan6.com pun mengalami hal serupa. Selain reset koneksi WiFi, tak ada cara lain yang cepat dan mudah untuk kamu lakukan. 

Namun, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara reset kata sandi WiFi di kamera GoPro. Simak tips berikut ini yang tim Tekno Liputan6.com sajikan khusus buat kamu.

GoPro Hero 3

Reset kata sandi WiFi di GoPro 3 dan GoPro 3+ cukup mudah dan cepat. Sebelum memulai, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal seperti microSD dan kabel data GoPro 3 dan 3+. Setelah semua dipersiapkan, kamu dapat ikuti langkah berikut:

1. Hubungkan GoPro ke komputer (kamu bisa gunakan adapter untuk mengakses microSD jika tidak memiliki kabel data GoPro).

2. Unduh file di bawah sesuai dengan seri GoPro Hero 3, Hero 3+ Black, atau Hero 3+ Silver. Selesai diunduh, langsung buka file kompresi yang ada.

3. Pastikan salin (copy) seluruh konten file yang ada di folder dan paste data tersebut ke folder utama microSD di GoPro kamu.

Sekadar informasi, bagi kamu yang menggunakan Hero 3+, pastikan untuk menyalin dan paste seluruh folder 'Update' ke folder utama di microSD GoPro. Untuk Hero 3, cukup copy-paste data yang ada di dalam folder--bukan seluruh folder--ke folder direktori di microSD GoPro kamu.

4. Copot GoPro dari laptop atau PC dan GoPro kamu pun akan otomatis mati. Nyalakan GoPro kembali dan akan muncul pemberitahuan proses update. Setelah proses selesai, GoPro akan otomatis mati lagi.

5. Nyalakan kembali GoPro dan kamu sudah bisa langsung menghubungkan ke jaringan WiFi dengan perangkat mobile kamu menggunakan default login.

- Network name (SSID): GoProHero
- Network password: goprohero

Kalau kamu ingin langsung mengatur nama jaringan dan kata sandinya, kamu bisa mengedit dua baris di file "settings.in" yang bertuliskan:

- "ssid": "GoProHero"
- "password" : "goprohero"

1 dari 3 halaman

GoPro Hero 4

GoPro Hero 4

Mengatur ulang kata sandi WiFi di GoPro 4 terbilang cukup mudah ketimbang seri-seri GoPro sebelumnya. Yang cukup kamu lakukan adalah masuk ke menu Settings di kamera GoPro, lalu pilih 'Reset Cam' dan pilih 'Reset WiFi'. Selesai.

Kini kamu dapat pairing ulang GoPro 4 kamu dengan smartphone menggunakan aplikasi GoPro seperti biasanya.

3. GoPro Hero 5 Session

Tak jauh berbeda dengan Hero 4, reset kata sandi di seri ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Saat kamera dalam keadaan mati, tekan tombol Menu untuk memunculkan layar status. Tekan tombol Menu beberapa kali hingga kamu menemukan 'Exit Menu'.

Setelah itu, tekan dan tahan tombol Shutter selama 8 detik. Tekan tombol Menu dan pilih 'Yes', lalu tekan tombol 'Shutter'. Tak hanya akan mendapatkan kata sandi, cara ini juga akan membuat kamera GoPro kamu kembali ke pengaturan pabrik (factory settings).

2 dari 3 halaman

GoPro Hero 5 Black


4. GoPro Hero 5 Black

Seri terakhir yang akan kita reset kata sandinya adalah seri Hero 5 Black. Tampil sebagai seri terkini kamera aksi GoPro, reset kata sandi WiFi seri ini juga cukup mudah.

Yang perlu kamu lakukan adalah buka layar utama di kamera GoPro dan gulir layar ke bawah, dan tap Connect > Reset Connections, dan tap Reset. Selesai, kini kamu bisa gunakan password baru.

Selamat mencoba!

(Ysl/Why)

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Dapat Dilakukan di Chrome Saat Offline
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya