Sukses

iPhone 8 Bakal Dibekali Layar OLED

Apple akan pergunakan layar OLED untuk produk iPhone selanjutnya. Kabarnya, Apple telah membeli pasokan layar OLED dengan nilai Rp 52,6 T.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa waktu lalu, banyak pihak berspekulasi bahwa Apple bakal mengganti layar LCD yang selama ini dipakai pada iPhone dengan panel OLED pada iPhone berikutnya yang akan diluncurkan tahun depan.

Tahun 2017 bakal menjadi tahun perayaan ulang tahun iPhone yang ke-10. Nah, sebuah laporan dari Nikkey Asian Review menyebutkan iPhone 2017 (seri ke-8) bakal mengusung panel OLED di layar seluas 5,5 inci. 

Sementara itu, layar yang saat ini dipakai pada iPhone, yakni LTPS (poli-silikon bertemperatur rendah) akan tetap digunakan pada unit iPhone dengan layar 4,7 inci serta 5 inci.

Hal ini dikonfirmasi pihak Apple bahwa perusahaan rencananya akan mengadopsi layar OLED pada iPhone 2017. Sementara itu, Apple Insider melaporkan Apple bakal berinvestasi cukup besar untuk memasok layar OLED.

Sebuah firma investasi J.P Morgan mengungkapkan, pasokan layar OLED Apple akan dibeli dari Samsung. J.P Morgan mencatat, pembelian tersebut dilakukan dalam durasi satu tahun dengan nilai sekitar US$ 4 miliar atau Rp 52,6 triliun.

Bukan hanya Samsung, pemasok layar OLED lain yang dianggap potensial adalah Sharp. Awal tahun ini, CEO Sharp bahkan menyebutkan bahwa Apple berpindah dari teknologi LTPS ke OLED. Bahkan, perusahaan pemasok layar Japan Display pun mencari pinjaman untuk mengubah produksi ke panel OLED.

Apple sendiri baru menggunakan layar OLED untuk produk Apple Watch dan touch bar pada MacBooc Pro terbarunya. Demikian seperti mengutip Phone Arena, Minggu (13/11/2016), 

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.