Sukses

4 Fitur Ini Wajib Diketahui Pengguna Windows 10

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan hari lahir Windows 10 yang pertama, Microsoft secara resmi meluncurkan update besar-besaran untuk sistem operasinya ini.

Diluncurkan pada Agustus 2016, Windows 10 Anniversary Update menampilkan beberapa fitur baru, perbaikan bug, dan stabilitas, Microsoft juga menghilangkan beberapa fitur yang ada di dalam sistem operasinya ini.

Nah untuk kamu yang sudah menggunakan Windows 10, ada beberapa fitur menarik dan unik yang tidak boleh kamu anggap remeh. Apa sajakah fitur tersebut? Berikut adalah daftarnya.  

1. Peta Offline

Berencana untuk melakukan perjalanan ke daerah tertentu dan ingin menggunakan peta tapi tak ada koneksi internet? Windows 10 menyediakan fitur peta offline yang bisa kamu gunakan untuk mencari berbagai tempat.

Sebelum menggunakan peta secara offline, kamu harus mengunduh peta daerah yang sedang dikunjungi. Untuk melakukannya, tekan Windows + I untuk memunculkan menu Settings.

Setelah itu buka System > Offline maps. Klik Download maps untuk memilih negara dan daerah yang ingin kamu kunjungi. Setelah diunduh, kamu sudah dapat mencari berbagai lokasi tempat dan mencari arah jalan tanpa mengandalkan koneksi internet.


2. Sticky Notes

Oke, ini memang bukan fitur yang 'wah' untuk sebuah sistem operasi sekelas Windows 10. Namun, bagi kamu yang tidak ingin lupa berbagai hal seperti daftar belanja dan tugas kantor, ini merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu.

Untuk menggunakannya, kamu cukup ketikkan sticky notes di kolom pencarian Cortana. Klik tanda plus (+) untuk menambah lebih banyak notes dan titik tiga (...) untuk merubah warna note. Klik ikon tong sampah untuk menghapus note.

Di Windows 10, Sticky Note sudah terintegrasi dengan fitur Windows Ink milik Microsoft. Dengan fitur ini, kamu bisa langsung tulis tangan dan akan secara otomatis di deteksi oleh Windows Ink untuk dimunculkan di dalam notes, seperti yang dikutip dari laman Make Use of, Minggu (13/11/2016).

Snap dan Battery Saver

3. Snap

Meski bukan fitur baru di Windows (diperkenalkan di Windows 8.red), Snap merupakan pilihan tepat bagi kamu yang sering buka jendela aplikasi dalam jumlah yang banyak.


Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu klik dan drag jendela aplikasi yang sedang terbuka ke sisi kanan atau kiri layar. Jendela aplikasi tersebut akan secara otomatis menyesuaikan ukurannya dengan ukuran jendela yang tersedia.

Untuk mengatur menu Snap, kamu bisa tekan tombol Windows + I untuk memunculkan menu Settings, dan pilih System > Multitasking. Di sini, kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur tertentu.

4. Battery Saver
Selain fitur yang ada di atas, ada satu fitur lagi menarik Windows 10 lainnya yang patut jadi perhatian kamu. Fitur tersebut adalah battery saver.

Layaknya sebuah smartphone dan tablet, Windows 10 memiliki fitur yang dapat memaksimalkan kemampuan baterai laptop dalam sekali pengisian daya.

Saat dinyalakan, beberapa fitur seperti tingkat keterangan cahaya layar akan diturunkan secara otomatis, mematikan notifikasi, dan menghentikan seluruh aplikasi yang berjalan di belakang.


Untuk mengatur fitur ini, kamu hanya perlu tekan Windows + I dan pilih System > Battery saver > Battery saver settings. Di sini, kamu bisa mengubah kapan fitur battery saver akan menyala secara otomatis, dan bisa mengatur beberapa fitur tertentu yang dimatikan.

Untuk menyalakan battery saver di secara manual, kamu tinggal tekan tombol Windows + A untuk membuka Action Center dan klik Battery saver.

Selain empat fitur yang disebutkan di atas, masih banyak lagi fitur yang ada di dalam Windows 10 yang masih bisa kamu eksplor dan temukan lebih lanjut lagi.

Microsoft sendiri mengakui kalau Windows 10 saat ini masih rajin merilis update, baik itu perbaikan bug, ataupun penambahan fitur ke depannya nanti.

(Ysl/Isk)

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik