Sukses

Oculus Rift Bakal Bisa Dinikmati untuk PC Kelas Bawah

Saat pertama kali Oculus VR mengumumkan Oculus Rift, spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk menjalankan headset tersebut relatif tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pertama kali Oculus VR mengumumkan Oculus Rift, spesifikasi PC yang dibutuhkan untuk menjalankan headset tersebut relatif tinggi.

Karena itu, tak sedikit pengguna PC dengan hardware yang 'seadanya' urung beli dan merasakan pengalaman menikmati dunia virtual lewat Oculus Rift.

Melihat hal tersebut, bulan lalu Oculus pun memutuskan untuk mengambil langkah untuk menurunkan spesifikasi hardware yang dibutuhkan via asynchronous timewarp, seperti yang dikutip dari laman Ubergizmo, Jumat (11/11/2016). 

Apa itu asynchronous timewarp? Ini merupakan teknik yang menurunkan kualitas frame gambar di saat gim tidak memiliki frame rate yang stabil. Hal ini akan membantu tampilan gim tidak nge-lag.

Dengan ini, pengguna PC dengan hardware kelas menengah sudah dapat menggunakan headset Rift. Namun, bukan berarti sembarangan PC mampu menjalankannya.

Oculus secara jelas mengatakan jika fitur baru Oculus Rift ini akan bisa digunakan di prosesor AMD GPU (seri RX 400) dan generasi sebelum atau terkini GPU Nvidia (seri GTX 900 atau 1000).

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini