Sukses

Waduh, Bug di Facebook Bikin Pengguna ‘Meninggal Dunia’

Bug yang sempat dialami pengguna Facebook membuat profilnya berubah status menjadi meninggal dunia. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, California - Facebook mengalami bug yang cukup parah. Pada Jumat (11/11/2016) malam, jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu sempat error. Akibatnya, banyak akun pengguna berubah status menjadi ‘meninggal dunia’.

Dilansir Fortune, Sabtu (12/11/2016), bug ini membuat profil pengguna terpampang dengan kalimat belasungkawa, seolah memberikan informasi bahwa pengguna tersebut telah meninggal.

Rachel King, salah satu pengguna Facebook, mengalami nasib serupa.

Ketika ia membuka profil Facebook-nya, ia menerima tulisan “Remembering Rachel King” (Mengenang Rachel King), diikuti dengan kalimat “Kami berharap orang-orang yang mencintai Rachel hatinya terus dikuatkan dan selalu ingat dengannya.”

Bug tersebut secara tidak langsung membuat profil pengguna berubah menjadi profil “Memorial”. Ya, profil Memorial memang akan muncul sesaat setelah pengguna Facebook dinyatakan meninggal.

Pihak Facebook kontan memberikan pernyataan terkait bug yang cukup membuat resah banyak penggunanya itu.

“Kami mohon maaf karena bug tersebut telah membuat profil pengguna berstatus Memorial. Ini adalah kesalahan yang fatal dan kini kami telah perbaiki,” tulis juru bicara Facebook dalam pernyataan resminya.

Meski begitu, Facebook tidak mengungkap apa penyebab bug itu dan membuat profil pengguna berubah status. Mereka berjanji, ke depannya tidak akan terulang hal yang sama lagi.

Walau sudah diperbaiki, masih ada yang menyayangkan hal ini terjadil. Buktinya, netizen di Twitter masih tetap ‘mengolok-olok’ Facebook karena bug tersebut. Berikut cuitannya:


(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini