Sukses

Fitur Keamanan Baru WhatsApp Segera Meluncur

WhatsApp dilaporkan akan segera meluncurkan fitur keamanan verifikasi dua langkah atau autentikasi dua faktor.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp semakin serius menangani keamanan data-data para pengguna. Karena itu, layanan pesan singkat itu dilaporkan akan segera meluncurkan fitur keamanan verifikasi dua langkah atau autentikasi dua faktor.

Dilansir Phone Arena, Senin (14/11/2016), verifikasi dua langkah tersebut saat ini sudah tersedia pada WhatsApp versi 2.16.341. Namun saat ini baru bisa digunakan di versi beta aplikasi WhatsApp, sehingga kemungkinan peluncuran publiknya akan segera digelar.

Opsi keamanan itu akan bergabung dengan menu lain di WhatsApp seperti Privacy dan Security. Jadi sederhananya, dengan verifikasi dua langkah, pengguna akan membutuhkan sebuah passcode ketika mendaftarkan nomor ponsel untuk menggunakan WhatsApp. 

Selain itu, pengguna juga harus menambahkan akun email yang nantinya dapat digunakan ketika ingin mengatur ulang passcode.

Ketika proses pendaftaran selesai, tidak ada orang lain yang bisa mendaftar WhatsApp menggunakan nomor ponsel tersebut, tanpa menyertakan passcode atau akun email tadi.

Selain verifikasi dua langkah, WhatsApp masih memiliki fitur baru lain yang saat ini masih dalam status beta, yaitu pesan audio bisa di-play di latar belakang. Sehingga, pengguna bisa beralih melanjutkan chatting dengan pengguna lain atau membuka aplikasi berbeda, sambil tetap mendengar audio tersebut.

Sampai kini belum ada informasi mengenai peluncuran fitur baru tersebut. Namun anggota program WhatsApp beta sudah bisa mendapatkannya di Google Play Store.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.