Sukses

Bobol Google Pixel dalam 60 Detik, Hacker Ini Raih Rp 1,6 Miliar

Tim peretas asal Tiongkok berhasil membobol smartphone terbaru milik Google hanya dalam waktu 60 detik.

Liputan6.com, Seoul - Setelah sekelompok tim peretas (hacker) asal Tiongkok berhasil membobol sistem keamanan yang terpasang di iOS 10.1 dan Nexus 6P, kini giliran smartphone terbaru milik Google yang jadi "korban".

Adalah Qihoo 360, sekelompok tim peretas asal Tiongkok yang berhasil membobol sistem keamanan yang terpasang di Google Pixel di dalam ajang kompetisi peretasan yang bertajuk "PwnFest" di Seoul pekan lalu.

Mengutip informasi dari laman Forbes, Senin (14/11/2016), mereka berhasil mengakses dan mengeksekusi kode dari jarak jauh hanya dalam waktu 60 detik.

Sukses membobol Pixel, mereka pun berhak memenangkan hadiah sebesar US$ 120.000 atau setara dengan Rp 1,6 Miliar.

Setelah berhasil membobol sistem keamanan Google Pixel, mereka pun dapat membuka Google Play sebelum akhirnya membuka Chrome dan menampilkan halaman web yang bertuliskan "Pwned By 360 Alpha Team".

Sejak mendapatkan laporan kelemahan di Chrome, Google pun langsung melakukan perbaikan sistem hanya dalam waktu 24 jam. Tak hanya berhasil membobol Pixel, Qihoo 360 pun mampu menembus pertahanan Adobe Flash dengan memanfaatkan kelemahan di win32k kernel.

Qihoo 360, tim peretas asal China yang berhasil membobol Google Pixel. (Doc: The Hacker News)
Menariknya, ini merupakan kali kedua smartphone baru milik Google tersebut berhasil diretas. Sebelumnya, pesaing Qihoo 360 yakni, Keen Team of Tencent pun berhasil membobol Pixel di ajang Mobile Pwn2Own sebelumnya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini