Sukses

Review: LG X Power, Tetap Ramping Meski Daya Baterai Besar

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini kita makin mudah menemukan ponsel dengan daya baterai besar di pasaran. Tentunya, ponsel berdaya baterai besar akan sangat berguna bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, namun tak mau repot-repot membawa power bank.

Pada kesempatan kali ini, Tekno Liputan6.com akan mengulas ponsel berdaya baterai besar besutan salah satu vendor asal Korea Selatan, LG. Dinamai LG X Power, ponsel ini mengandalkan daya baterai 4.100 mAh dan pengisian daya cepat (quick charging) sebagai fitur andalannya. Selengkapnya, simak ulasan kami berikut ini!

Desain dan Antarmuka Pengguna

Biasanya, bila sebuah ponsel dibekali daya baterai besar, bodinya akan cenderung lebih tebal daripada kebanyakan ponsel lainnya. Ya, ini memang sebuah konsekuensi logis.  

Menariknya, ini tidak kami temukan di LG X Power. Meski dibekali daya baterai besar, LG X Power masih terbilang cukup tipis seperti ponsel lainnya dengan daya baterai di kisaran 2.000-3.000 mAh. Karena itu, LG X Power masih terasa pas di genggaman. 

Bodi LG X Power

Berdimensi 148,9 mm x 74,9 mm x 7,9 mm, bobot LG X Power cukup ringan yakni hanya 148 gram (termasuk baterai). Bobot ini jauh lebih ringan daripada salah satu ponsel berdaya baterai besar lainnya yang pernah kami ulas, yakni Asus Zenfone Max yang berbobot 202 gram. 

Kamera Sekunder LG X Power

Di sektor layar, LG X Power memiliki layar beresolusi HD (1280 x 720 piksel) dengan bentang layar 5,3 inci. Di bodi depan atas terdapat kamera sekunder beresolusi 5 MP, pengeras suara, dan sensor proximity. Di bodi depan bawah ada logo dan tulisan LG. 

Bodi Kanan LG X Power

Bodi Kiri LG X Power

Di bodi samping kanan kamu akan menemukan tombol power, sedangkan di bodi samping kiri ada tombol volume dan slot untuk SIM Card dan MicroSD Card.  

Bodi Bawah LG X Power

Bodi Atas LG X Power

Adapun di bodi bawah terdapat micro USB port dan audio jack 3,5 mm, sedangkan di bodi atas kamu tak akan melihat tombol atau port apa pun.

Bodi Belakang LG X Power (2)

Meski terlihat elegan layaknya terbuat dari metal, kover belakang LG X Power sebetulnya terbuat dari plastik. Imbasnya, material plastik ini membuat LG X Power terasa agak licin. 

LG X Power berjalan di Android 6.0.1 Marshmallow. Untuk masuk ke menu, kamu hanya perlu swipe layar ke kanan dari homescreen karena tak ada app drawer. Ketika melihat tampilan antarmuka pengguna (user interface) LG X Power, kami teringat pada LG G5 SE yang pernah kami ulas sebelumnya [Lihat ulasan LG G5 SE di sini]. 

User Interface di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kebetulan, unit LG X Power yang kami uji disertai dengan sebuah kover pintar. Sekitar 3 cm dari lebar utuh kover itu sengaja dibuat transparan, sehingga ketika kover itu menutup layar, informasi berupa hari, tanggal, indikator baterai, dan jam, akan ditampilkan.

Selain tiga tombol utama di Android, ada tombol untuk berpindah dari SIM Card 1 ke SIM Card 2 saat hendak menelepon. Ini sangat bermanfaat buat kamu yang menggunakan dua SIM Card.

1 dari 4 halaman

Kamera

Kamera

Seperti disebutkan sebelumnya, LG X Power memiliki kamera utama dan sekunder dengan resolusi masing-masing 13 dan 5MP. Berikut ini beberapa jepretan kamera LG X Power.     

Captured on LG X Power

Captured on LG X Power (2)

Captured on LG X Power (3)

 

 

Captured on LG X Power (6)

Captured on LG X Power (7)

Captured on LG X Power (10) 

Captured on LG X Power (11)

Tidak ada yang terlalu istimewa dari kamera LG X Power. Sejumlah filter, timer dari 3 hingga 10 detik, modus panorama dan beberapa pengaturan standar lainnya sudah tersedia.

Buat kamu yang suka melakukan swafoto alias selfie, ada fitur smile detection shot, hand gesture shot, dan cheese shutter (mengambil gambar dengan aba-aba cheese, smile, dll.) yang akan sangat berguna.

Hand Gesture Shot di LG X Power. Liputan6.com/Iskandar

 

Menu Kamera di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

  

Menu Kamera di LG X Power (3). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

 

Menu Kamera di LG X Power (4). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

2 dari 4 halaman

Hardware dan Baterai

Hardware

Dapur pacu LG X Power adalah MediaTek MT6735 yang dipadukan dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Tersedia pula slot untuk MicroSD yang mendukung kapasitas hingga 2TB; jelas ini merupakan dukungan kapasitas yang sangat tinggi bagi ponsel kelas menengah. Namun, kamu harus mengorbankan salah satu SIM Card karena slot untuk MicroSD Card adalah slot yang sama untuk SIM Card 2.

Kami menguji kinerja LG X Power dengan memainkan beberapa judul gim yaitu Tumbal, Red Bull Air Race, World of Tanks, dan Modern Combat 5. Keempat gim itu memiliki tampilan grafis yang berbeda. Bagaimana hasilnya? Sejauh ini, menurut pengalaman kami, LG X Power berhasil memainkan keempat gim tersebut dengan mulus.

Gim Tumbal di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

 

Gim Red Bull Air Race di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

 

Gim World of Tank di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

 

Gim Modern Combat 5 di LG X Power. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lalu saat kami gunakan multitasking beberapa aplikasi sekaligus, yaitu mengakses music streaming, membuka email, membuka media sosial, browsing, dan download di latar belakang secara bergantian, juga tak ada kendala begitu berarti yang kami temui.

Adapun di aplikasi AnTuTu Benchmark, LG X Power meraih skor 31357.

Skor LG X Power di AnTuTu Benchmark. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat 

Baterai

Di awal artikel ini sudah disebutkan bahwa daya baterai 4.100 mAh berikut pengisian daya cepat (quick charging) merupakan fitur andalan dari LG X Power. Untuk menguji performa baterai, kami menggunakan aplikasi LAB501 Battery Life.

Ada tiga macam pengujian daya baterai di aplikasi LAB501 Battery Life; yaitu random browsing, memutar sebuah klip video tanpa henti (video loop test), dan gaming test.

Pengujian Baterai LG X Power - Browsing Test. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Saat pengujian random browsing selama 24 menit tanpa jeda, daya baterai yang awalnya tersisa 46 persen, berkurang menjadi 44 persen. Artinya, LG X Power hanya menghabiskan daya baterai 2 persen untuk random browsing selama 24 menit.

Dengan demikian, kalau sekadar digunakan untuk browsing, 100 persen daya baterai mungkin akan bertahan hingga 1200 menit atau 20 jam.

Pengujian Baterai LG X Power - Video Test. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lalu saat diuji dengan video loop test, untuk memutar sebuah klip video trailer berdurasi beberapa menit, daya baterai yang mulanya tinggal 44 persen, berkurang menjadi 39 persen. Itu berarti aktivitas memutar klip video selama satu jam tersebut hanya memakan daya baterai 5 persen.

Maka dari itu, kalau cuma untuk memutar video, 100 persen daya baterai mungkin dapat bertahan hingga 1200 menit atau 20 jam.

Pengujian Baterai LG X Power - Gaming Test. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Adapun ketika menjalani gaming test, daya baterai LG X Power berkurang dari 38 persen menjadi 32 persen untuk durasi 60 menit. Ada penurunan daya 6 persen.

Oleh sebab itu, kalau hanya untuk bermain gim, 100 persen daya baterai mungkin mampu bertahan hingga 1000 menit atau 16,67 jam.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Berbekal daya baterai besar yakni 4.100 mAh, LG X Power sangat pas digunakan untuk keperluan sehari-hari, terutama buat kamu yang punya mobilitas tinggi, malas bawa power bank, dan malas untuk charge berkali-kali dalam sehari. Yang tak kalah penting, ponsel ini juga dilengkapi teknologi pengisian daya cepat alias quick charging.

Desainnya yang ramping dan nyaman digenggam, menjadikan ponsel ini kelihatan lumayan elegan, meski material plastik kover belakang membuat ponsel ini terasa agak licin. Lalu, dukungan untuk memori eksternal hingga 2TB juga menjadi daya tarik tersendiri, mengingat tidak semua ponsel kelas menengah mendukung hal ini.

Namun, kamu harus berpuas diri dengan kemampuan kamera yang biasa-biasa saja. Meski begitu, fitur-fitur bawaan kamera LG X Power ini seharusnya sudah cukup buat kamu yang menggunakan ponsel untuk menunjang aktivitas sehari-hari saja. Dengan harga mulai dari Rp 2,4 jutaan--di Bukalapak--ponsel ini layak untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi Lengkap 

Layar

Ukuran (inci) 5.3” HD (1280*720)

Kamera

Utama 13MP

Depan 5MP

Spesifikasi Teknis

CPU MT6735 (Quad-Core 1.3GHz)

Jaringan

2G: GSM 850/0900/1800/1900

3G: WCDMA 850/900/1900/2100

4G: LTE FDD 2100 (B1)/1800 (B3)/2600(B7)/900 (B8); TDD 2300 (B40)

Kecepatan

DC-HSPA+ : Hingga 42Mbps 

LTE CAT4 : Hingga 150Mbps

Baterai

4,100mAh / Tidak bisa dilepas

Waktu Siaga

2G: Hingga 685 jam

3G: Hingga 650 jam

4G: Hingga 740 jam

Waktu Bicara 2G: hingga 40 jam 

3G: Hingga 20 jam

OS

Android 6.0.1 Marshmallow

Dimensi/Berat

148.9mm x 74.9mm x 7.9mm/ 148g (termasuk baterai)

Konektivitas

Bluetooth 4.2 LE

USB 2.0 HS

WiFi 802.11 b/g/n

A-GPS (Glonass)

USB OTG

Memori

RAM hingga 2GB

ROM hingga 16GB

MicroSD Eksternal hingga 2TB

(Spesifikasi lengkap ini disalin dari situs resmi LG Indonesia)

(Why/Ysl)