Sukses

Emoji Hijab Siap Meluncur ke iOS di 2017

Unicode telah mengumumkan kehadiran emoji hijab untuk iOS. Kabarnya, emoji tersebut akan meluncur bersama dengan emoji lain di 2017.

Liputan6.com, California - Tak sekadar untuk 'lucu-lucuan', emoji kini telah menjadi wadah komunikasi universal. Bahkan, emoji juga menjadi penanda keberagaman kultur di seluruh dunia.

Sebagai bukti, Apple telah merilis paket emoji manusia dengan varian warna kulit yang merepresentasikan dari mana mereka berasal.

Tak hanya itu, Unicode Consortium, lembaga yang bertindak untuk melegalkan penggunaan emoji juga telah mengesahkan emoji LGBT dan bendera pelangi pada tahun lalu. Masih banyak ikon kultur lain yang bisa saja dibawa jadi emoji, seperti hijab.

Ya, pada September 2016 lalu penggunaan emoji hijab sempat diusulkan seorang remaja berusia 15 tahun. Kepada Unicode Consortium, remaja kelahiran Berlin yang bernama Rayouf Al Humedhi itu berharap, Unicode segera membuat emoji hijab untuk wanita muslimah sepertinya.

"Aku ingin sesuatu yang konkret seperti emoji agar bisa mewakili saya, begitu juga dengan jutaan wanita yang mengenakan jilbab setiap harinya, dan bangga mengenakan jilbab," ujar remaja tersebut.

Tak butuh lama, idenya pun mendapat dukungan luar biasa dari netizen. Salah satu dukungan datang dari co-founder Reddit, Alexis Ohanian.

Setelah mempertimbangkan usul Al Humedhi, sepertinya Unicode menanggapi permintaannya. Karena, mereka baru saja mengumumkan kehadiran 51 emoji baru yang akan hadir dalam versi Unicode 10 pada tahun depan. 


Kabarnya, salah satu emoji baru ini akan tampil dengan emoticon seorang wanita mengenakan hijab.

Selain emoji hijab, emoji wanita menyusui juga dikabarkan akan menyusul paket emoji terbaru ini. Beberapa emoji ekspresif lain yang akan menyusul adalah emoji karakter wanita yang sedang make-up, emoji karakter yang muntah, hingga emoji muka yang kaget dengan ilustrasi kepala meledak.


Selain itu beberapa emoji baru juga datang ke kategori makanan dan hewan, mulai dari emoji kue pie, pretzel, sandwich, jerapah, zebra, landak dan T-Rex. Sementara emoji mahluk fiktif seperti peri, vampir, jin botol dan zombie juga akan menyusul. Demikian dikutip Mirror, Selasa (15/11/2016).

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini