Sukses

Tips Memotret Layaknya Fotografer Andal dengan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Tak sebatas perangkat yang canggih, untuk menjadi seorang fotografer profesional membutuhkan waktu, pengetahuan, dan latihan yang panjang untuk dapat mengambil foto yang menakjubkan.

Namun, bagaimana caranya kita mengambil foto yang baik layaknya fotografer profesional dengan menggunakan smartphone Android kamu?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa 'aturan dasar' yang harus kamu ketahui untuk meningkatkan kemampuan kamu mengambil foto.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah tips bagaimana memaksimalkan smartphone Android kamu untuk mengambil foto layaknya seorang fotografer handal.

1. Pahami Perangkat yang Kamu Gunakan.

Jika ingin mendapatkan kualitas gambar yang tinggi, kamu harus menggunakan smartphone dengan sensor kamera yang tinggi. Jika menggunakan smartphone low-end, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan kualitas gambar yang sama saat menggunakan smartphone high-end.

Hanya saja, memang fotografer handal mampu hasilkan foto berkulitas tinggi dengan kamera smartphone seadanya, seperti fotografer amatir yang menghasilkan foto yang buruk dengan kamera smartphone kelas atas.

Seperti disebutkan di atas, pengalaman dan proses belajar memegang peranan penting untuk menghasilkan foto yang 'wah'.

Pengaturan Kamera hingga Penggunaan Flash

2. Otak-atik Pengaturan Kamera di Smartphone.

Tergantung smartphone dan versi Android yang digunakan, pengaturan kamera yang ditampilkan akan berbeda-beda. Namun, kebanyakan jajaran smartphone yang ada di pasaran saat ini memiliki kemampuan untuk mengatur fokus kamera, pencahayaan, hingga ISO.

Karena itu, jangan takut untuk mencoba kombinasi pengaturan tersebut untuk menghasilkan foto yang sempurna dan berkualitas.

3. Letak Cahaya Selalu Membuat Perbedaan

Salah satu kesulitan mengambil foto dengan smartphone Android kelas bawah adalah kemampuan untuk mengambil foto dalam keadaan gelap. Salah satu cara untuk mengakalinya kamu bisa menggunakan lampu flash yang terpasang di smartphone.

4. Ketahui Kapan Harus Menggunakan Flash

Seperti yang disebutkan pada poin di atas, banyak fotografer ingin mengendalikan jumlah cahaya yang diinginkan saat memfoto subjek, seperti yang dikutip dari laman Joy of Android, Kamis (17/11/2016).

Namun, cahaya yang dihasilkan terkadang kurang seimbang. Karena itu, ada baiknya kamu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan flash, atau hanya perlu memainkan exposure untuk menambah tingkat kecerahan gambar.

Angle hingga Pegang Kamera dengan Dua Tangan

5. Cari Angle yang Sempurna

Untuk memaksimalkan hasil foto yang kamu ambil, angle (sudut) pengambilan objek atau subjek juga berperan besar.

Dengan angle pengambilan foto yang tepat, subjek yang akan kamu foto akan terlihat lebih terang atau dramatis saat diambil fotonya. Jangan takut untuk mengambil gambar dari berbagai sudut, dan jangan fokus pada satu sisi foto saja.

6. Jangan Pakai Zoom Digital

Tanpa disadari, banyak pengguna smartphone yang menggunakan zoom digital saat mengambil foto. Dengan mengandalkan zoom, hasil foto pun akan terlihat kurang detail.

Ini dikarenakan lensa smartphone tidak memiliki kemampuan untuk memperbesar dan menjaga kualitas foto di saat yang sama. Apabila ingin mendapatkan subjek dengan lebih detail, sebaiknya bergerak lebih dekat subjek foto agar hasil lebih maksimal.

7. Pastikan menggunakan dua tangan saat mengambil gambar

Tidak hanya berlaku untuk kamera besar seperti SLR ataupun lainnya, hal ini juga berlaku untuk smartphone. Jika menggunakan satu tangan, pasti tangan kamu akan bergetar dan hasil foto pun terlihat kabur atau tidak fokus. Jadi pastikan menggunakan dua tangan untuk mengambil gambar.

Namun, beberapa versi Android terbaru sudah mempunyai fitur anti-shake yang dapat membantu mengurangi lensa bergoyang saat mengambil gambar.

Jika kamu tidak dapat memegang ponsel dengan stabil bahkan dengan kedua tangan, solusi terbaiknya adalah dengan mengaktifkan pengaturan ini atau menggunakan tripod.

(Raehan Maulida/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Bikin Kamera Depan Sebagus Kamera Belakang
Artikel Selanjutnya
6 Cara Maksimalkan Kamera Aksi Anda