Sukses

Google Apps Jadi Asisten Pribadi, Coba 6 Fitur Ini Saat Berlibur

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat berlibur ke tempat yang belum pernah dikunjungi, pasti Anda membutuhkan berbagai informasi dan perlu mempersiapkan banyak hal. 

Pertama, pasti mencari informasi penginapan, transportasi, kuliner, hingga petunjuk jalan yang ingin diketahui di kota tujuan.

"Terkadang mencari informasi itu dapat menyita waktu. Dengan bantuan Google, informasi didapatkan dengan perintah suara tanpa harus mengetik," kata Head of Product Communication Google Indonesia Putri Silalahi ditemui Tekno Liputan6.com di kampanye #SelaluTauyangSeru #SelaluTauJog di Yogyakarta, Senin (14/11/2016).

Nah, ia memaparkan enam fitur yang dapat Anda gunakan di Google App untuk mempermudah liburanmu di lokasi yang belum pernah dikunjungi. Berikut ulasannya:

1. Gunakan Google Voice
Jika Anda gemar melakukan multitasking, aplikasi Google dapat membantu Anda mencari informasi lewat perintah suara (voice command). Jadi, kalaupun kamu sedang menyetir dengan kedua tangan, Anda tetap bisa mencari informasi. Teknologi tersebut telah dikembangkan untuk bisa memahami aksen dan bahasa tidak baku.

Contoh:
"OK Google, Resto de Kendhil".

2. Cari Lokasi Seru di Setiap Kota
Google dapat membantu menemukan informasi tentang hal-hal unik di kota yang Anda kunjungi. Misalnya ketika berkunjung ke Yogyakarta dan mencari galeri seni unik di sana, Anda dapat menyebutkan: "OK Google, Stadion Seni di Yogyakarta".

Selain itu, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengetahui perkiraan cuaca agar tak terjebak di tengah hujan.

Contoh: 
"Apakah hari ini akan hujan"
"Toko oleh-oleh dekat sini?"
"Tempat ngopi dengan pemandangan bagus?"

3. Temukan Rute Jalan Terbaik

Aplikasi Google juga sudah terintegrasi dengan Google Maps. Hal ini memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan tanpa harus membuka beberapa aplikasi.

Saat Anda memberi perintah seperti "arah ke bandara" Google App akan memberikan informasi rute tercepat, moda transportasi (mobil pribadi, bis, atau ojek online), estimasi harga, hingga perkiraan waktu sampai.

Fitur Now Card

4. Bantu Lakukan Hal Kecil
Tak perlu menggunakan kedua tangan untuk membuka menu alarm, setting dan sebagainya. Dengan hanya memberi perintah suara "OK Google" kepada Google App untuk menyetel timer atau alarm, mengirim SMS, mencari petunjuk arah, bahkan menelpon.

Contoh:
"Berapa jarak tempuh menuju (nama tempat)"
"Telepon (nama orang di kontak)"
"Set alarm jam 6 pagi"
"Set timer 20 menit"
"Buka aplikasi (nama App)"
"Putar (judul lagu)"

Head of Product Communication Google Indonesia, Putri silalahi ditemui di Resto de Kendhil saat acara Kampanye #SelaluTauyangSeru #SelaluTauJog, Yogyakarta, Senin (14/11/2016). (Liputan6.com/Dhita Koesno)

5. Aktifkan Fitur Now Card

Now cards (kartu now pada Setting bahasa Indonesia) akan benar-benar mengubah smartphone Anda menjadi asisten personal. Google App akan memberikan "now-tifications" berbentuk kartu yang akan muncul di aplikasi sesuai preferensi.

Misalnya, Anda ingin mendapatkan kartu now mengenai meeting, pastikan kalender Anda terintegrasi. Kartu ini merekomendasikan kapan Anda pergi meeting lengkap dengan kondisi perjalanan jika ada kemacetan di rute yang dilewati.

Caranya, pilih menu; Setelan-kartu now. Kemudian ketuk pilihan "Tampilkan semua kartu". Anda akan dialihkan menuju pengaturan 'kartu now', pilih "siapkan", kemudian masukkan akun Gmail. Pilih "Ya, Saya Ikut Serta", dan kartu now siap digunakan.

6. Asisten Saat travelling
Kartu now bisa memberikan notifikasi perjalanan Anda, mulai dari boarding pesawat, waktu tempuh ke bandara, hingga hotel yang akan ditempati. Saat berasa di luar negeri kartu now akan memberikan rekomendasi restoran maupun tempat atraksi populer. Jika mengintegrasikan kartu now dengan Gmail, fungsinya akan sangat membantu, terutama saat berlibur.

Caranya, pilih menu; Setelan-kartu now, kemudian aktifkan pilihan "cuaca" untuk mengetahui kondisi cuaca, atau pilihan "tempat" untuk mengetahui informasi tentang jadwal transit, ulasan restoran dan informasi belanja.

(Dhita Koesno/Cas)

Artikel Selanjutnya
Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
Artikel Selanjutnya
Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan