Sukses

Berwajah Mirip, Pendidikan Bocah Ini Akan Ditanggung Jack Ma?

Biaya pendidikan bocah berusia 8 tahun ini kabarnya akan ditanggung Jack Ma karena punya kemiripan wajah.

Liputan6.com, Beijing - Beberapa waktu lalu, netizen sempat dihebohkan dengan foto seorang bocah yang memiliki wajah mirip dengan Jack Ma, bos Alibaba.

Bahkan, menurut beberapa media Tiongkok, salah satu orang terkaya di dunia itu berniat untuk membiayai pendidikan anak berusia 8 tahun tersebut hingga kuliah.

Namun laporan terbaru ternyata mengungkapkan hal berbeda. Dikutip dari laporan Fortune, Rabu (16/11/2016), juru bicara Alibaba menyebut kabar tersebut tidak benar. Pemberitaan yang menyebut Jack Ma akan membiayai pendidikan anak yang dikenal sebagai 'Mini Ma' itu sepenuhnya salah.

Lewat pernyataan ini, secara tak langsung menepis kabar yang sudah beredar du dunia maya. Menurut laporan Xinhua, bocah bernama Fan Xiaoqin itu berasal dari provinsi Jiangxi, Tiongkok. Foto yang kini sempat viral sebenarnya diambil pada 2014 saat seseorang mengunjungi desanya.

Foto tersebut kemudian diunggah ke internet dan menjadi perhatian publik di negeri tirai bambu, tak terkecuali Jack Ma. Bos Alibaba tersebut kemudian terkesan dengan kemiripan keduanya. Karenanya, Jack Ma dikabarkan tergerak untuk membiayai pendidikan anak tersebut.

Perbandingan wajah Fan Xiaoqin (kiri) dengan Jack Ma masa kecil (sumber: thestraitstimes)
Terlebih latar belakang anak itu juga terbilang memprihatinkan. Fan terlahir di keluarga yang miskin. Ibunya terkena penyakit polio dan salah satu matanya buta. Sementara ayah Fan kehilangan kakinya karena kecelakaan. Fan sendiri dan kakaknya tak ada yang menempuh pendidikan formal. 

Di sisi lain, Jack Ma merupakan sosok yang berasal dari keluarga biasa. Ia mengawali karirnya menjadi guru bahasa Inggris dan penerjemah, setelah menerima banyak penolakan, termasuk dari Kentucky Fried Chicken (KFC). Namun karena usaha kerasnya, ia berhasil membangun Alibaba Online pada 1999.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini