Sukses

Tanpa Sembelih Hewan, Startup Ini Bisa Produksi Daging Buatan

Liputan6.com, San Francisco - Sebuah startup yang bergerak di bidang kuliner kini tengah jadi sorotan banyak orang. Startup tersebut adalah startup produsen daging. Lalu, apa keistimewaan startup ini dibandingkan dengan perusahaan produsen daging lainnya?

Startup ini tidak "mengorbankan" sapi atau hewan lainnya untuk bisa memproduksi daging. Mereka justru memproduksi daging dengan teknologi pengembangan sel menjadi sebuah daging yang bahkan rasanya mirip dengan daging asli.

Adalah Memphis Meats, startup berbasis di San Francisco, Amerika Serikat (AS), yang memiliki sebuah laboratorium untuk mengembangkan daging dari sel-sel hewan. Dikutip dari Business Insider, Minggu (20/11/2016), alasan utama Memphis Meats membuat bakso yang bahan dasarnya bukan dari daging adalah faktor kepedulian terhadap hewan.

"Kami ingin hewan-hewan hidup layak seperti manusia, tapi kami juga concern dengan keinginan manusia untuk menikmati makanan daging," kata Uma Valeti, co-founder Memphis Meats.

Ia mengklaim, Memphis Meats menjadi startup pertama di dunia yang bisa membuat daging tanpa harus menyembelih hewan. "Kami mengembangkan jaringan otot hewan dengan sel induk sapi yang diberi makanan seperti oksigen dan nutrisi dari gula serta mineral," ujar ia menjelaskan.

Walau memang tidak menyembelih hewan sapi, Memphis Meats mengungkapkan tidak memakai serum janin "Bovine" dari darah anak sapi yang belum lahir untuk membuat daging. Jadi, proses pembuatan daging dari startup ini memang benar-benar tidak membunuh hewan sama sekali.

Prosesnya cukup kompleks. Ia menceritakan, awal proses pembuatan bakso adalah mengisolasi sel sapi yang dinilai memiliki kemampuan untuk regenerasi. Nantinya, sel tersebut akan dikembangkan di dalam tangki bioreaktor sehingga bisa "dipanen" dalam waktu 9 sampai 21 hari.

Harga jual daging buatan Memphis Meats tergolong tinggi ketimbang daging sungguhan. Untuk sekarang, harga dengan berat 450 gram dibanderol Rp 245 ribu. Jauh lebih malah daripada daging sapi yang dijual di pasaran dengan kisaran Rp 54 ribu.

Ke depannya Memphis Meats juga dikabarkan akan membuat bakso, daging sosis, patty untuk burger, daging cincang, dan masih banyak lagi. Semuanya tentu akan dilakukan murni dari pengembangan sel daging.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Dong Tao, Ayam Raksasa yang Harganya Bikin Kantong Jebol
Artikel Selanjutnya
Lemonilo, Buat yang Mau Hidup Sehat Tanpa Bikin Kantong Jebol