Sukses

Facebook Kembali Akuisisi Startup Pengenal Wajah

Salah satu langkah strategis Facebook untuk meningkatkan layanan video dan gambar adalah dengan mengakuisisi startup

Liputan6.com, California - Layanan video dan gambar bagi Facebook hampir dapat dipastikan masih menjadi fokus utama, mengingat konsumsi untuk dua konten tersebut terus meningkat. Salah satu langkah strategis Facebook adalah mengakuisisi beberapa perusahaan rintisan atau startup.

Terbaru, Facebook mengumumkan telah mengakuisisi startup dengan nilai yang tak disebutkan. Startup bernama FacioMatrics ini mengembangkan algoritma berbasis machine learning yang memungkinkan smartphone mengenali wajah secara real-time, lewat kamera.

Dikutip dari laman Venture Beat, Senin (21/11/2016), tim FacioMetrics diharapkan dapat membawa lebih banyak efek menyenangkan untuk foto dan video di Facebook. Tak hanya itu, pengalaman pengguna Facebook dipastikan akan lebih baik ke depannya.

Maka itu, setelah kesepakatan ini, seluruh aplikasi yang dibesut FacioMetrics telah dihapus dari App Store maupun Google Play Store. Sebagai informasi, FacioMetrics didirikan pada 2015 dan dibuat untuk merespons peningkatan permintaan sistem analisis wajah. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Facebook mengakuisisi startup di bidang serupa. Pada Maret 2016, perusahaan tersebut telah mengakuisisi aplikasi live filter dan face swap 'pengubah wajah', Masqurade (MSQRD).

Selain melalui akuisisi, Facebook juga terus menghadirkan fitur-fitur terbaru untuk layanan berbagi video dan gambar miliknya.

Meskipun fitur yang digulirkan masih terbatas, kini Facebook memungkinkan pengguna Live melakukan siaran langsung dengan filter artistik milik aplikasi Prisma. 

Akuisisi dan kehadiran fitur anyar, menurut para analis, merupakan strategi Facebook untuk bisa terus bersaing dengan Snapchat, terlebih, setelah Zuckerberg gagal membeli perusahaan tersebut. Tak terbatas di Facebook, saat ini beberapa layanan dari anak perusahaannya, seperti Instagram, juga kerap disamakan dengan Snapchat.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini