Sukses

Mobil Otonomos Baidu Lakukan Uji Coba Publik

Liputan6.com, Beijing - Google bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi yang tengah menggarap mobil otonomos. Perusahaan asal Tiongkok, Baidu, juga sedang mengembangkan mobil otonomos besutannya.

Setelah melakukan beberapa kali pengembangan dan uji coba, mobil tersebut kini telah melakukan uji coba publik di jalanan Tiongkok. Uji coba publik ini juga melibatkan penumpang sebenarnya di dalam mobil.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (21/11/2016), uji coba ini sudah berhasil membawa sekitar 200 orang dengan jarak sekitar 3 kilometer di kawasan wisata Wuzhen. Baidu menyebut seluruh jalanan tersebut telah dipetakan secara akurat.

Mobil otonomos Baidu telah dibekali dengan milimeter wave radar, Velodyne LiDAR, dan beberapa kamera video. Spesifikasi itu juga didukung dengan komputer mumpuni yang berfungsi memroses seluruh data tersebut. Oleh karena itu, mobil ini dapat melaju secara otomatis, memahami persimpangan, berpindah jalur, melewat mobil yang lebih lambat, bahkan memutar balik. Kecepatan maksimum mobil ini mencapai 59 km/jam.

Meskipun dalam uji coba ini mobil mampu melaju sendiri, seorang sopir tetap disiapkan di belakang kemudi, untuk mengatasi potensi hal buruk.

Selain itu, mobil ini juga mampu menampilkan informasi seputar perjalanan kepada penumpangnya. Rencananya, mobil ini akan benar-benar siap mengaspal pada 2018 dan diharapkan sudah bisa diproduksi massal pada 2021.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
Susul Apple, Samsung Siap Uji Mobil Nirawak, Kapan Meluncur?
Artikel Selanjutnya
Sayer, Setir Mobil Otonomos Masa Depan