Sukses

Menyelisik Kehadiran Moto Z di Indonesia

Lenovo Indonesia akhirnya memastikan bahwa pihaknya akan meluncurkan smartphone premium Moto Z di Indonesia.

Liputan6.com, Labuan Bajo - Lenovo Indonesia akhirnya memastikan bahwa pihaknya akan meluncurkan smartphone premium Moto Z di pasar ponsel Indonesia. Dan kemungkinan, handset tersebut tak lama lagi akan diumumkan secara resmi.

Kabar ini semakin kuat ketika Mobile Business Group 4P Manager Lenovo Indonesia, Anvid Erdian memamerkan dua foto landscape yang dihasilkan dari bidikan kamera Moto Z di sela media gathering Lenovo Indonesia di Bajo Bay, Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (18/11/2016) malam. 

Foto pertama yang ditampilkan Anvid merupakan foto pemandangan Pulau Padar, dan foto kedua menampilkan pemandangan di tepi pantai Pulau Kanawa.

"Ini adalah foto yang dihasilkan langsung dari kamera Moto Z. Foto pertama saya ambil ketika saya sampai puncak Pulau Padar dan foto kedua adalah Pulau Kanawa yang saya bidik tadi sore," ujarnya saat presentasi di depan awak media.

Namun sayangnya, pria berkacamata itu belum mau mengungkap soal tanggal peluncuran Moto Z di Tanah Air.

"Kami sudah boyong Moto Z ke sini (Indonesia, red), jadi tunggu saja kabar baiknya. Kami akan memberikan kejutan," tutur Anvid dengan singkat.

Pria jebolan Universitas Indonesia itu mengatakan bahwa Moto Z tengah dalam proses uji tingkat kandungan dalam negeri (TKDN). Mengenai hal ini, perusahaan optimistis mampu memenuhi TKDN hingga 30 persen.

Sebelumnya, Anvid membeberkan bahwa proses TKDN Lenovo dengan Moto agak berbeda. Ketika Lenovo Global membeli Motorola dari Google, ada sistem yang sudah dijalankan. Maka dari itu perusahaan harus membuat perangkat dengan kualitas dan teknik serupa.

"Tooling Moto berbeda dan perlu server sendiri yang harus terhubung ke pusat, semisal sistem automasi. Sejumlah tools juga harus diimpor dari luar. Hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat," jelas Anvid.

Bukan itu saja, sumber daya manusia (SDM) juga turut disiapkan Lenovo Indonesia untuk merakit Moto. Saat ini pabrik perakitan Moto berada di Serang, Banten, melalui kerjasama dengan mitra pabrikan lokal PT Tridharma Kencana (TDK). Pabrikan ini sudah berkolaborasi dengan Lenovo untuk memproduksi smartphone merek Lenovo sejak akhir 2015.

"Karena secara sistem dan teknik perakitan berbeda, SDM yang merakit juga harus belajar atau di-training terlebih dulu. Itu juga perlu waktu," pungkasnya.

(Isk/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini