Sukses

Aplikasi KBBI Edisi Kelima Resmi Meluncur di Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Rasanya tak berlebihan bila menyebut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai salah satu rujukan utama bagi orang-orang yang bergelut dengan kata, seperti awak media dan editor atau korektor di penerbit buku. Saat ini KBBI terbaru adalah KBBI Edisi Kelima. 

Untuk diketahui, KBBI Edisi Kelima versi cetak yang begitu tebal itu, tersedia secara daring (online) di http://kbbi.kemdikbud.go.id/. Bahkan berkat kemajuan teknologi, KBBI Edisi Kelima pun sudah ada versi aplikasinya untuk ponsel berbasis Android dan iOS.

Hal ini pertama kali Tekno Liputan6.com ketahui dua hari lalu dari akun Facebook milik Ivan Lanin, aktivis yang giat menganjurkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta memperkenalkan padanan Indonesia dari istilah-istilah asing.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini ulasan singkat Tekno Liputan6.com mengenai aplikasi KBBI Edisi Kelima versi Android.

Dari segi tampilan antarmuka pengguna (user interface), aplikasi ini terbilang simpel, sehingga pengguna akan sangat mudah mengoperasikan aplikasi ini. Terdapat empat menu di tampilan layar utama ketika aplikasi ini terbuka yaitu Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang.

Selain itu, di pojok kanan atas ada pula ikon kaca pembesar yang memang banyak digunakan oleh banyak aplikasi dan layanan, sebagai ikon pencarian.

Kemudian di pojok kiri atas ada ikon menu, yang jika ditekan, akan menampilkan empat menu yang telah disebutkan sebelumnya--Kelas Kata, Ragam, Bahasa, dan Bidang--berikut dua menu lainnya yakni Jenis dan Tentang Kami.

Aplikasi KBBI Edisi Kelima di Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di menu Bahasa pengguna akan menemukan daftar bahasa yang kata-katanya diserap ke dalam bahasa Indonesia, baik itu bahasa daerah maupun bahasa asing. Kemudian di salah satu menu lainnya, misalnya Bidang, pengguna akan mendapati daftar kata yang termasuk ke dalam bidang tertentu.

Aplikasi KBBI Edisi Kelima di Android (2). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Beralih ke menu pencarian, pengguna hanya perlu mengetuk (tap) ikon kaca pembesar untuk mencari kata yang diinginkan, dengan cara mengetik kata tersebut. Setelah hasil pencarian muncul, ketuk kata yang dimaksud dan aplikasi ini pun akan menampilkan makna dari kata tersebut.

Yang menarik di sini adalah, selain makna, ada pula hasil relevan lainnya seperti Gabungan kata, Kata turunan, dan Peribahasa yang memuat kata tersebut berikut maknanya.

Aplikasi KBBI Edisi Kelima di Android (3). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Berdasarkan pengalaman kami, aplikasi ini sangat ringan. Fitur-fitur di dalamnya pun sangat memudahkan pengguna. Kemudian yang tak kalah penting, aplikasi ini juga mampu berjalan tanpa koneksi internet. 

Demikian ulasan singkat Tekno Liputan6.com mengenai aplikasi KBBI Edisi Kelima versi Android. Klik tautan ini untuk mengunduh di Google Play Store dan tautan ini untuk mengunduh di App Store.

(Why)

Artikel Selanjutnya
Orang Indonesia Menginspirasi Pengembangan Google Translate
Artikel Selanjutnya
Makin Akurat, Google Translate Didukung Kecerdasan Buatan