Sukses

5 Program Utilitas Terbaik untuk Cari Jaringan Wi-Fi

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa kamu membutuhkan alat informasi atau optimalisasi Wi-Fi? Jawabannya sederhana, yaitu agar dapat mengetahui informasi yang diperlukan tentang ketersediaan jaringan Wi-Fi sehingga kamu dapat memperoleh koneksi terbaik.

Dengan lima program utilitas ini, kamu bisa mendapatkan kinerja Wi-Fi yang optimal dan kecepatan tinggi. Mengutip laman Techspot, Senin (28/11/2016), berikut adalah beberapa aplikasi di PC yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi soal ketersediaan dan optimalisasi Wi-Fi. 

1. Xirrus Wi-Fi Inspector

Dirancang untuk melacak status jaringan nirkabel setiap saatnya. Wi-Fi Insceptor 2.0 saat ini sudah tersedia untuk Windows dan MacOS.

Aplikasi ini mendukung teknologi Wi-Fi versi terbaru, termasuk 802.11ac Wave 1 dan Wave 2.
Xirrus Wi-Fi Inspector (Techspot.com)
Selain itu, Xirrus Wi-Fi Inspector juga dapat mendeteksi jalur akses koneksi internet nakal dan dapat digunakan untuk membantu tim IT memecahkan berbagai masalah. Saat ini, Xirrus Wi-Fi Inspector tersedia sebagai aplikasi freeware.

2. InSSIDer

Dengan alat ini, kamu bisa mendetaksi setiap MAC address hotspot nirkabel, enkripsi, dan kekuatan sinyal. InSSIDer adalah salah satu aplikasi Wi-Fi yang populer, dan tersedia untuk Windows, MacOS dan Android. Sayang, aplikasi ini tidak tersedia secara gratis untuk kamu unduh.InSSIDer (techspot.com)

Versi berbayar aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengukur kekuatan sinyal dan memperkirakan kinerja Wi-Fi di berbagai lokasi. Melihat apakah dinding, tangga, dan pintu mempengaruhi jangkauan jaringan nirkabel kamu.

3. WifiInfoView

WifiInfoView akan memindai jaringan nirkabel di area kamu dan menampilkan informasi yang lebih luas. Ini termasuk Nama Jaringan (SSID), MAC Address, PHY Type (802.11g atau 802.11n), RSSI, Signal Kualitas, Frekuensi, Channel Number, Kecepatan Maksimum, Nama Perusahaan, Model Router, Nama Router, dan masih banyak lagi.
WifiInfoView (techspot.com)
WifiInfoView juga memiliki modus yang dapat menunjukkan semua jaringan nirkabel yang terdeteksi, dikelompokkan berdasarkan nomor saluran, dan kecepatan maksimum. Dan, WifiInfoView adalah freeware, namun tersedia hanya untuk Windows saja.

4. Wifi Analyzer untuk Android

Ingin mengubah ponsel Android kamu menjadi perangkat analisa Wi-Fi? Lewat aplikasi ini, kamu dapat mencari dan memilih koneksi Wi-Fi mana yang lebih kuat dan stabil koneksinya.

Wifi Analyzer (techspot.com)

5. NetSurveyor

NetSurveyor dapat digunakan untuk memverifikasi apakah jaringan kamu sudah diatur dengan benar, mencari daerah yang cakupan WLAN-nya paling rendah, mendeteksi gangguan di dalam jaringan, dan mendeteksi titik akses jaringan 'nakal'.

Data yang ditampilkan menggunakan berbagai tampilan diagnostik yang berbeda dan berbentuk grafik. Data dapat direkam untuk beberapa waktu yang lama dan di akses kembali di lain waktu.
NetSurveyor (techspot.com)
NetSurveyor dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan oleh pekerja IT sebagai alat bantu mengetahui koneksi jaringan di tiap titik akses dan jaringan nirkabel.

(Eronika Dwi Pinara/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Peneliti Kembangkan Teknologi WiFi 300 Kali Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
AMD Ryzen PRO Siap Perkuat Desktop Kelas Bisnis